Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Majalengka Diundur

Sabtu, 10 November 2018 - 20:21 WIB
Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Majalengka Diundur
Asda 2 Pemkab Majalengka Abdul Ghani (baju putih). Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilbup Majalengka 2018, Karna Sobahi-Tarsono, dipastikan diundur dari jadwal semula menjadi 30 Desember 2018. Adanya perubahan jumlah daftar pelantikan kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak menjadi penyebab diundurnya jadwal pelantikan itu.

"Edaran awal itu bupati dan wakil bupati terpilih akan dilantik tanggal 20 Desember. Sekarang kan polanya kolektif ya. Ini konsekuensi dari pilkada serentak," kata Asda 2 Pemkab Majalengka Abdul Ghani kepada SINDOnews seusai menghadiri Deklarasi Damai, Sabtu (10/11/2018).

Jadwal awal, jelas dia, pelantikan bupati dan wakil bupati akan dilakukann bersamaan dengan tiga kabupaten/kota lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, ada perubahan terkait jumlah kepala daerah yang akan dilantik.

"Kita awalnya kolektif empat kabupaten/kota yaitu Banjar, Kuningan, Majalengka, dan Subang. Karena Subang itu (masa akhir jabatan Bupati-Wakil Bupati sebelumnya) tanggal 19 Desember. Sehingga diambil tanggal terakhir (daerah yang habis masa jabatan)," jelas dia.

"Nah sekarang mengapa jadi tanggal 30 (Desember)? Karena (Kabupaten) Bogor itu masuk ke fase yang ini. (masa) akhir (jabatan bupati)nya tanggal 29. Makanya jadinya (pelantikan) tanggal 30 (Desember)," lanjut Ghani.

Dia menjelaskan, masa jabatan bupati dan wakil bupati Majalengka periode sekarang akan berakhir pada 12 Desember. Hingga masa jabatan itu, posisi bupati dipegang plt, yakni Wakil Bupati Karna Sobahi. Hal itu lantaran Bupati Sutrisno memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

"Pak Karna plt-nya sampai tanggal 12 Desember. Masa akhir kepemimpinan Pak Sutrisno dan Pak Karna kan sampai 12 Desember. Ke sananya kemungkinan plh. Tentang plh-nya siapa, itu urusannya (pejabat) yang di atas," ungkap dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9291 seconds (0.1#10.140)