alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Musim Hujan Tiba, Ridwan Kamil Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

Agung Bakti Sarasa
Musim Hujan Tiba, Ridwan Kamil Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau warga dan aparatur kewilayahan mewaspadai potensi bencana banjir dan longsor seiring hujan yang mulai mengguyur sebagian besar wilayah Jabar.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bencana banjir dan longsor selalu mengintai Jabar saat musim penghujan tiba. Oleh karenanya, kewaspadaan dalam menghadapi bencana banjir dan longsor harus ditingkatkan.

"Saya imbau lewat media tolong waspada. Musim hujan sudah turun, awasi perkotaan yang sifatnya (banjir) cileuncang dan non-perkotaan yang sifatnya banjir bandang," kata Emil di Bandung, Jumat (9/11/2018).

Emil juga meminta aparat kewilayahan, mulai ketua RT dan ketua RW, kepala desa, lurah, hingga camat mewaspadai potensi bencana banjir dan longsor, termasuk menyiapkan rencana aksi bila bencana tersebut terjadi. "Siapkan kontijensi plan, bantuan-bantuan, dan rencana tindak lanjut," ujar dia.

Emil mengakui, provinsi yang dipimpinnya memang rawan bencana banjir dan longsor. Bahkan, kata Emil, sekitar 60 persen bencana di Jabar merupakan bencana yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan. "Jabar itu naturalnya 60 persen bencana hidrologis, memang menurut geografisnya terjadi di Jabar, jadi itu sudah takdir," tutur Emil.

Oleh karenanya, lanjut Emil, pihaknya ingin mengedukasi masyarakat agar memahami potensi bencana yang mengintai mereka, termasuk cara penanggulangannya.

"Masyarakat supaya paham. Anda tinggal di mana, potensinya apa, bersiasatlah menghadapi hal-hal yang mungkin rutin (terjadi). Itu satu hal yang kita kejar," ungkap dia.

Pemprov Jabar, kata Emil, menyiapkan langkah-langkah taktis jika kondisi darurat terjadi, seperti saat banjir melanda Kabupaten Tasikmalaya yang mengakibatkan ambruknya jembatan Cipatujah, baru-baru ini.

"(kasus jembatan Cipatujah ambruk) Subuhnya kejadian siangnya sudah perintahkan (bangun) jembatan bailey. Mudah-mudahan dalam 2-4 hari selesai, sehingga ekonomi gak terganggu," kata Emil.

Tidak hanya langkah cepat tanggap, Emil juga menyebutkan, Pemprov Jabar pun menyiapkan dana darurat kemanusiaan yang dapat dicairkan saat bencana terjadi.

"Jadi harusnya Jabar dari sisi penanggulangan masih dalam kendali. Karena hal (bencana) tersebut sering terjadi dan kita punya pengalaman," tandas Gubernur.

Disinggung apakah Pemprov Jabar akan menetapkan status bencana banjir dan longsor. Emil mengaku, hal itu harus dibicarakan terlebih dahulu dengan berbagai pihak terkait.

"Saya akan cek apakah ini situasional saja karena BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) belum memberikan input, ini (hujan) berapa bulan dengan kualitas intensitas air hujannya sebesar apa," pungkas Emil.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif