alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Respons Keputusan MK, KPU Majalengka Jaring Calon PPK

Inin Nastain
Respons Keputusan MK, KPU Majalengka Jaring Calon PPK
Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Majalengka. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

BANDUNG - Jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pileg dan Pilpres 2019 dipastikan sama dengan saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 lalu.

Hal itu seiring dengan keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi yang tertuang dalam Nomor 31/PUU-XVI/2018.

"Pada pilgub/pilbup kemarin, jumlah PPK sebanyak lima orang per kecamatan. Kemudian berdasarkan UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, diamanatkan tiga orang. Sekarang ada keputusan MK jadi lima orang lagi," kata anggota KPU Kabupaten Majalengka Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat Diding Bajuri, kepada SINDOnews, Jumat (9/11/2018).

Kendati demikian, ujar dia, untuk menjalankan keputusan dari MK itu, pihaknya tidak melakukan perekrutan secara terbuka. Mengakomodir mantan anggota PPK yang sebelumnya sempat dicoret, dipilih sebagai cara untuk melaksanakan putusan itu.

"Tidak ada perekrutan. Kami ambil dari dua nama yang pernah dicoret atau yang pernah masuk 10 besar pada proses perekrutan PPK sebelumnya," ujar dia.

Meskipun tidak ada perekrutan secara terbuka, akan tetapi ada sejumlah proses yang akan dilalui oleh para calon PPK itu. Proses itu, jelas dia, akan dimulai pada Sabtu (10/11/2018) besok.

"Hari ini kami menggelar Rakor persiapan. Tahapan dimulai tanggal 10 sampai 28 November. Di periode itu, nantinya tanggal 20 November ada proses wawancara," tutur Diding.

"Pada perjalanan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya, syarat administrasi. Ini untuk memastikan bahwa yang bersangkutan masih memenuhi syarat untuk jadi PPK, tidak masuk dalam kategori Tidak Memenuhi Syarat (TSM), seperti jadi anggota parpol dan lain-lain. Pada 20 November, ada tes wawancara," ungkap dia.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, nanti tambahan anggota PPK itu akan ditetapkan pada 28 November. Sedangkan pelantikan akan dilakukan pada 2 Januari 2019.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif