alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemahaman Masyarakat Indonesia tentang Asuransi Masih Minim

Arif Budianto
Pemahaman Masyarakat Indonesia tentang Asuransi Masih Minim
Istimewa

BANDUNG - Pemahaman masyarakat Indonesia tentang asuransi masih sangat minim. Diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengedukasi masyarakat tentang pemahaman asuransi.

Ketua Dewan Asuransi Indonesia Dadang Sukresna mengakui, banyak masyarakat yang belum paham manfaat dan produk asuransi. Hal itu tampak pada masih minimnya jumlah nasabah yang terdaftar sebagai peserta asuransi. Pada 2017, OJK menyebut warga Indonesia yang menjadi peserta asuransi tak lebih dari 10%.

"Edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai asuransi masih sangat diperlukan. Karena masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai asuransi dan manfaat produk-produk asuransi," Dadang, Jumat (9/11/2018).

Upaya mengedukasi masyarakat melalui asuransi, kata dia, perlu dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu kegiatan yang pernah digelar misalnya Insurance Day 2018 yang telah dilakukan mulai Oktober 2018. Kegiatan ini mendapat apresiasi sebagai kegiatan literasi asuransi terbanyak di 18 kota, dengan total peserta yang mengikuti kegiatan literasi berjumlah 6.065 peserta.

Untuk melanjutkan edukasi kepada masyarakat, rencana puncak kegiatan Insurance Day 2018 akan berlangsung di Bandung pada 16-18 November 2018. Pihaknya mengaku telah melakukan audiensi kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Insurance Day 2018 di Jabar akan mengusung tema 'Mari Berasuransi', dengan sub tema Cerdas, Mandiri, Sejahtera. Kegiatan ini mengajak masyarakat Indonesia agar lebih mengenal asuransi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan literasi keuangan yang konsisten dan berkelanjutan.

Ketua Panitia Insurance Day 2018 Yanti Parapat mengatakan, pemilihan Kota Bandung didasari Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki sumber daya manusia yang kreatif, aktif, dan inovatif. Bandung merupakan kota yang tepat untuk dapat mewakili dan merepresentasikan kaum milenial lainnya di seluruh Indonesia.

"Exhibition diisi oleh stan-stan industri asuransi di Trans Studio Mall. Sementara kegiatan fun walk dan karnaval akan berlangsung esoknya. Kegiatan ini diharapkan menjadi daya tarik secara massive bagi masyarakat, untuk sadar pentingnya berasuransi," papar Yanti.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif