Usul NU, Jalan Lingkar Luar Karawang Diubah Jadi Jalan Abdurrahman Wahid

Rabu, 07 November 2018 - 13:56 WIB
Usul NU, Jalan Lingkar Luar Karawang Diubah Jadi Jalan Abdurrahman Wahid
Yenny Wahid (kanan) saat bertemu Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersama pengurus NU Karawang di kantor bupati. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karawang mengusulkan kepada Pemkab Karawang agar nama tokoh NU Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dijadikan nama jalan di Karawang. Nama Gus Dur diusulkan jadi nama Jalan Lingkar Luar Karawang atau biasa disebut jalan baru.

Ketua PCNU Karawang Ahmad Ruhyat mengatakan, saat kunjungan Yenny Wahid ke Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Selasa (6/11/2018) malam, usulan agar nama Abdurrahman Wahid dijadikan nama jalan disampaikan pengurus PCNU Karawang. Alasannya saat memimpin negeri ini Gus Dur banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat Karawang, terutama pembangunan jalan lingkar luar yang sangat membantu masyarakat Karawang dari kemacetan.

"Sebelum jalan itu dibangun setiap musim mudik lebaran masyarakat Karawang sangat terganggu dengan kepadatan arus mudik hingga menimbulkan kemacetan parah di dalam Kota Karawang. Sekarang setelah ada jalan lingkar luar kemacetan tidak lagi terjadi seperti dulu," katanya, Rabu (7/11/2018).

Menurut Ahmad Ruhyat, dia juga sudah menyampaikan maksud tersebut kepada Yenny Wahid dan mendapat respons positif. "Kalau memang disetujui pemerintah, keluarga besar Gus Dur sudah memastikan akan hadir saat peresmian nanti," ujarnya.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana akan membicarakan usulan PCNU Karawang ini kepada seluruh stakeholder di Karawang. Prinsipnya, Pemkab Karawang tidak keberatan jika nama Abdurrahman Wahid dijadikan nama jalan di Karawang.

"Sangat mungkin sekali usulan ini kami tindaklanjuti. Namun begitu karena ini menyangkut dengan kebijakan tentunya harus kita bahas lagi dengan pihak terkait," kata Cellica.

Cellica mengatakan, Gus Dur merupakan tokoh yang berjasa bagi bangsa dan negara dan sudah sepantasnya untuk dihormati. Pemberian nama jalan Abdurrahman Wahid merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi Gus Dur atas jasa-jasanya kepada negara. "Kami akan tindaklanjuti usulan ini dan pada prinsipnya ini usulan yang baik," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8585 seconds (0.1#10.140)