Ridwan Kamil Teken Kesepakatan Bersama Pengembangan Ekonomi Kreatif

Rabu, 07 November 2018 - 11:20 WIB
Ridwan Kamil Teken Kesepakatan Bersama Pengembangan Ekonomi Kreatif
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kepala Bekraf Triawan Munaf seusai menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif di Provinsi Jabar di Nusa Dua Bali Convention Center, Bali, Rabu (7/11/2018). Foto/Istimewa
A A A
BALI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri pembukaan World Conference on Creatif Economy (WCCE) yang diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Nusa Dua Bali Convention Center, Bali, Rabu (7/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil dan Kepala Bekraf Triawan Munaf melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Bekraf dengan Pemprov Jabar tentang Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif di Provinsi Jabar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Kesepakatan bersama yang mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jabar Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Perda Provinsi Jabar Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Kekayaan Intelektual tersebut memiliki maksud dan tujuan mengembangkan ekonomi kreatif di Jabar dan mendorong terciptanya pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta mengurangi angka pengangguran.

Sementara, ruang lingkup kesepakatan meliputi riset, edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif; akses permodalan; infrastruktur; pemasaran dan promosi; fasilitasi hak kekayaan intelektual; fasilitasi penyusunan regulasi; fasilitasi pemasaran ekonomi kreatif; dan kegiatan lain yang dipandang perlu dan disetujui oleh kedua belah pihak.

Diketahui, WCCE berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 6-8 November 2018. Sebanyak 20 tokoh ternama di bidang industri kreatif dunia, perwakilan pemerintah, dan organisasi internasional menjadi pembicara dalam acara ini.

Acara ini mengusung tema Inclusively Creative dengan mengangkat lima isu utama, yakni kohesi sosial, regulasi, pemasaran, ekosistem, dan pembiayaan industri kreatif. Nantinya, dirumuskan Deklarasi Bali yang bakal diusulkan ke Sidang Umum PBB di tahun depan.
Ridwan Kamil Teken Kesepakatan Bersama Pengembangan Ekonomi Kreatif

Selain konferensi, acara ini juga menghadirkan Creativillage yang merupakan pameran booth berupa kapsul-kapsul interaktif, yang terdiri para peserta lokal dan internasional. Para pelaku kreatif maupun masyarakat bebas mengunjungi side event ini.

Seusai menandatangani Kesepakatan Bersama, Gubernur Jabar yang akrab disapa Emil itu sempat berkeliling ke sejumlah booth dan berbincang dengan para pelaku ekonomi kreatif. Menjelang sore nanti, Emil dijadwalkan menjadi salah satu keynote speech dalam konferensi ekonomi kreatif dunia yang pertama kali digelar itu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8525 seconds (0.1#10.140)