Polisi Ringkus Komplotan Pembobol Mesin ATM di Karawang

Senin, 30 Juli 2018 - 18:18 WIB
Polisi Ringkus Komplotan Pembobol Mesin ATM di Karawang
Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya (tengah) menunjukkan kartu ATM hasil kejahatan IL dan BG. Foto/SINDONews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Polres Karawang meringkus AL (31) dan BG (33), dua anggota komplotanpencuri uang melaluiATM di sejumlah minimarket di Karawang. Dalam beraksi, tersangka AL dan BG menggunakan modus mengganjal lubang masuk kartu ATM dengan tusuk gigi.

"Kami berhasil menangkap pelaku saat sedang beraksi di salah satu mini market di Kecamatan Telukjambe Barat. Saat itu anggota kami mendapat informasi pelaku sedang berada di salah satu minimarket. Informasi ini langsung kami tindak lanjuti dan anggota kami dari Polsek Telukjambe Barat berhasil menangkap kedua pelaku," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya saat eskpose kasus di Mapolres Karawang, Senin (30/7/2018).

Slamet mengemukakan, modus operandi yang dilakukan pelaku ini dengan cara mengganjal lubang masuk kartu ATM dengan menggunakan tusuk gigi. Setelah itu, pelaku berpura-pura membantu korban yang akan mengambil uang di ATM dan kesulitan memasukan kartu.

Saat korbannya memberikan kartu ATM nya kemudian pelaku menukar kartu ATM sejenis. Setelah itu, IL dan BG memasukan kartu ATM yang sudah ditukar itu dan meminta nomer PIN korban. Setelah mendapatkan nomer PIN, pelaku meninggalkan korban. Pelaku menguras uang korban di ATM lain.

"Pelakunya ada tiga orang, yang satu DPO (dalam pencarian orang alias buron). Mereka menjalankan peran masing-masing, yaitu ada yang mengganjal slot di mesin ATM dengan tusuk gigi, menghapal PIN ATM korban, dan seorang lagi menguras uang korban," ujar Slamet.

Kapolres menuturkan, pelaku IL dan BG mengaku, setiap hari berhasil memperdaya lima korban yang hendak menarik uang melalui mesin ATM di beberapa minimarket. Biasanya, komplotan pelaku ini menjalankan aksinya di minimarket yang sepi pengunjung. "Kami masih mendalami di mana saja pelaku beraksi. Ternyata, mereka beraksi tidak hanya di Karawang, tapi juga daerah lain," tutur Kapolres.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0277 seconds (0.1#10.140)