Tubuh Terbakar Akibat Gas Meledak, Nining Diceburkan ke Kolam

Selasa, 06 November 2018 - 22:41 WIB
Tubuh Terbakar Akibat Gas Meledak, Nining Diceburkan ke Kolam
Nining Susilawati (43) dirawat di RSUD Cikalongwetan akibat tubuhnya menderita luka bakar sekitar 70-80% akibat ledakan gas. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Peristiwa penyelamatan dramatis dilakukan oleh warga kepada korban Nining Susilawati (43) warga Kampung Cikuda RT 02/13, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Seluruh bagian tubuh Nining terbakar ketika gas elpiji 3 kg di rumahnya meledak. Untuk menyelamatkannya, warga terpaksa menceburkan perempuan setengah baya itu ke kolam agar api yang melahap tubuhnya padam.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (6/11/2018) siang saat Nining hendak memasak di dapur. Seusai membeli bumbu masakan dari warung, Nining kembali ke rumah dan langsung menuju dapur.

Diduga korban tidak merasakan jika ada kebocoran pada selang regulator gas miliknya sehingga dia langsung menyalakan kompor. Saat itulah gas yang sudah memenuhi ruangan langsung menyambar percikan api dan menimbulkan ledakan hebat.

"Saat memutarkan pemantik kompor timbul percikan api sehingga membuat gas yang berada di ruangan tanpa ventilasi itu menyambar dan terdengarlah suara ledakan cukup keras," kata Kasi Trantribum Kecamatan Cikalongwetan, Pipin Irawan kepada SINDOnews, Selasa (6/11/2018).

Akibat ledakan tersebut, beberapa bagian rumah korban seperti di dapur, atap genteng, kamar tidur, kaca jendela kondisinya rusak dan pecah. Sementara korban lalu berteriak-teriak minta tolong karena seluruh tubuh dan pakaian yang menempel di badannya dilalap si jago merah. Mendengar teriakan korban, warga yang berada di sekitar rumah tersebut lalu berusaha menolong.

Upaya warga tidak mudah karena ternyata pintu dapur dimana korban berada posisinya terkunci dari dalam. Di tengah keterbatasan alat-alat dan suasana panik karena jeritan minta tolong korban yang semakin meninggi, warga akhirnya medobrak pintu dapur tersebut.

Saat pintu terbuka korban sedang meronta-ronta menahan panas api yang membakar seluruh tubuhnya. Warga yang menolong sempat bingung untuk memadamkan api karena api di tubuh Nining semakin membesar.

"Saat itulah warga berinisiatif mendorong korban ke kolam yang berjarak sekitar lima meter dari rumahnya sehingga api langsung padam. Namun naas korban mengalami luka bakar di seluruh tubuhnya dengan persentase mencapai 70-80%," kata Pipin.

Melihat kondisi korban dengan luka bakar serius, warga langsung melapor ke aparat yang langsung datang membawa mobil ambulance. Korban lalu dibawa ke RSUD Cikalongwetan untuk mendapatkan penanganan medis.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena saat kejadian suami korban Dadang Noer sedang bekerja dan anaknya sekolah. Suami korban sempa kaget saat ditelpon dan mendengar kabar istrinya mengalami luka bakar akibat ledakan dari kebocoran gas sehingga harus di rawat di rumah sakit.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9665 seconds (0.1#10.140)