Sekda Ema Sumarma Tak Ingin Dana Ratusan Miliar Habis untuk Sampah

Selasa, 06 November 2018 - 18:27 WIB
Sekda Ema Sumarma Tak Ingin Dana Ratusan Miliar Habis untuk Sampah
Plh Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menimbang sampah saat launching bank sampah di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna tak ingin dana ratusan miliar setiap tahun habis hanya untuk menangani sampah.

Dia berharap, warga Bandung mulai menggalakkan bank sampah agar memberi manfaat ekonomi sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

“Kalau sampah terus segitu, berapa uang yang akan dikeluarkan. Sekarang APBD untuk sampah bisa sampai Rp126 miliar. Kalau tanpa upaya, bisa dibayangkan,” kata Ema saat launching bank sampah di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

Saat ini, kata dia, produksi sampah di Kota Bandung mencapai 1.500 hingga 1.700 ton per hari. Dana miliaran rupiah dipakai untuk membiayai operasional dan membayar tipping fee untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Dia berharap, sampah tidak lagi dipahami sebagai hal negatif. Tetapi menjadi tambahan penghasilan. Sampah bisa dipilah kemudian dijual melalui bank sampah. Selain memberi manfaat kebersihan, warga juga mendapatkan nilai ekonomi dari sampah tersebut.

Ema mengklaim, saat ini 28 kecamatan beserta sejumlah SKPD telah memiliki bank sampah. Tinggal dua kecamatan yang belum merealisasikan bank sampah. Tapi dia optimistis, bulan ini semua kecamatan dan SKPD bakal memiliki bank sampah.

“Kecamatan baru 28. Masih ada dua kecamatan yang mungkin masih berproses. Tapi pasti nanti akan dilakukan. Sekretariat sudah, Kominfo sudah, Balitbang sudah. Saya yakin bulan ini, paling lambat bulan depan, saya optimis semua darah selesai,” pungkas dia.

Dia pun menekankan, agar semua ASN di lingkungan Pemkot Bandung mengikuti garis komando, dengan merealisasikan bank sampah di wilayahnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5927 seconds (0.1#10.140)