Ridwan Kamil Terima Surat Pengunduran Diri Bupati Indramayu Anna Sophanah

Selasa, 06 November 2018 - 13:57 WIB
Ridwan Kamil Terima Surat Pengunduran Diri Bupati Indramayu Anna Sophanah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku sudah menerima surat pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sudah menerima surat pengunduran Bupati Indramayu Anna Sophanah dan akan segera menindaklanjutinya. Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, Anna mundur dari jabatannya dengan alasan ingin fokus mengurus keluarga

"Jadi bukan urusan kedinasan. Jadi ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ungkap Emil di Bandung, Selasa (6/11/2018).

"Memang namanya orang mengundurkan diri, artinya sudah merasa tidak memungkinan berada di posisi itu," sambung Emil.

Emil berjanji segera menindaklanjuti pengajuan pengunduran istri mantan politisi Partai Golkar Irianto MS Syaifuddin (Yance) itu lewat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk sementara waktu, lanjut Emil, jabatan Bupati Indramayu akan ditempati oleh Wakil Bupati Indramayu Supendi hingga Bupati Indramayu definitif pengganti Anna Sophanah terpilih.

"Wakilnya yang akan menggantikan dan meminta (partai) koalisi (pengusung Anna Shopanah) sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif," jelas Emil.

Emil menegaskan, dalam persoalan ini, dirinya bukanlah pengambil keputusan. Sebab, keputusan terkait pengunduran diri Anna Shopanah, termasuk penggantinya berada di tangan Kemendagri.

Emil juga mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat Indramayu untuk tetap tenang dan tidak menanggapi pengunduran diri Anna Sophanah secara berlebihan. Emil memastikan, program pembangunan tetap berjalan siapapun pemimpinnya. "Situasinya memang berbeda tiap masyarakat, nanti kita upayakan yang terbaik," katanya.

Dari berbagai informasi yang dihimpun, Anna Sophanah sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Bupati Indramayu ke Sekretariat DPRD Kabupaten Indramayu pada 30 Oktober 2018. DPRD Indramayu akan menggelar rapat paripurna pada 7 November 2018.

Anna Sophanah menjabat Bupati Indramayu setelah memenangi Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Indramayu pada tahun 2010 lalu bersama wakilnya Supendi.

Setelah menuntaskan satu periode, keduanya kembali mempertahankan posisinya setelah unggul dari pesaingnya, yakni Toto-Rastawiguna dalam Pilbup Kabupaten Indramayau tahun 2015.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6319 seconds (0.1#10.140)