Empat Perusahaan Sediakan Transportasi Darat Dari dan Menuju BIJB

Senin, 05 November 2018 - 16:16 WIB
Empat Perusahaan Sediakan Transportasi Darat Dari dan Menuju BIJB
Direktur Keuangan PT BIJB Muhamad Singgih bersama salah satu perwakilan dari perusahaan menandatangani nota perjanjian. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Penambahan fasilitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tidak hanya dilakukan dari sisi penerbangan. Dalam waktu dekat, moda transportasi darat dari dan menuju sejumlah daerah di Jawa Barat pun dipastikan mengalami penambahan, tidak hanya Damri.

Kepastian itu seiring dengan dilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Layanan Angkutan Antar-Jemput, pada Senin (5/11/2018). Dalam kerja sama tahap pertama, terdapat empat perusahaan yakni PT City Trans Utama, PT Citra Maharlika Lintas Wahana, PT Elang Cakra Ekspres, dan PT Purwa Transportasi Utama, yang akan melayani Antar-Jemput dari sejumlah kota ke Bandara.

"Transportasi ini menjadi sarana penting, dengan adanya kerja sama strategis bersama para mitra ini tentu bisa memudahkan masyarakat untuk menjangkau Bandara Kertajati dari berbagai daerah di Jawa Barat," kata Direktur Keuangan PT BIJB Muhamad Singgih.

Dia menjelaskan, keberadaan sejumlah moda transportasi itu memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan BIJB. Dengan hadirnya layanan tersebut, diharapkan para penumpang yang melakukan penerbangan dari dan menuju BIJB tidak lagi mengalami kesulitan.

"Bandara ini dibangun untuk melayani masyarakat yang biasa menggunakan transportasi berbasis udara. Namun kami di sini tidak bisa berdiri sendiri, karena harus ada infrastruktur lain yang bisa mendukung kehadiran bandara agar bisa maksimal dari segi operasional," beber dia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada operator transportasi berbasis darat bisa mendukung beroperasinya Bandara Kertajati ini agar bisa maksimal," lanjut Singgih.

Di tempat yang sama, Executive General Manager (EGM) Bandara Kertajati Ibut Astono mengatakan, kunci dari ramainya kehadiran sebuah bandara adalah dengan mudahnya konektivitas. Dengan adanya kerja sama itu, ke depan diharapkan bisa lebih membuat bandara yang baru diresmikan pada Mei 2018 itu lebih menggeliat lagi.

"Semoga dengan kerja sama ini kita bisa sama-sama mengakomodir masyarakat, bisa menjangkau semua daerah dalam rangka memberikan layanan transportasi darat dan udara," beber dia.

Di sisi lain, Staf Bidang Transportasi Darat Dishub Provinsi Jawa Barat Teviani menjelaskan, sebelum memutuskan empat perusahaan yang akan melayani antar-jemput dari dan menuju bandara itu, pihaknya terlebih dahulu melakukan sejumlah tahapan guna menentukan kelayakannya.

"Yang mengajukan sampai sekitar 12 perusahaan. Namun yang lolos empat perusahaan itu. Sebelumnya ada beberapa proses seperti pengecekan perlengkapannya, baik dari sisi administrasi mapun dari kendaraannya itu sendiri," papar dia.

"Dari empat perusahaan itu, jumlah armadanya tidak seragam, ada yang 10 unit, ada juga yang empat. Mereka ini mengajukan rute sesuai dengan domisili kantornya. Ada dari Bandung, Indramayu, dan lain-lain," ucap dia.

Ahmad Tirtomulyo, selaku Direktur Tehnik PT Elang Cakra Ekspress mengatakan, pihaknya memutuskan untuk ambil bagian dalam perjanjiam kerja sama itu seiring dengan prospek masyarakat di masa yang akan datang. Dalam kerja sama itu, perusahaannya akan melayani antar jemput dari Indramayu menuju BIJB, serta sebaliknya.

"Kami menyediakan empat unit, dengan tujuan dari Karangaampel, Jatibarang, dan Indramayu kota. Untuk jadwal, disesuaikan dengan jadwal penerbangan dari bandara itu sendiri," jelas dia.

"Di Indramayu itu kan banyak perusahaan besar, yang acap kali melakukan penerbangan. Sehingga kami memutuskan untuk ambil bagian," pqpar dia.

Sementara, keempat operator itu akan melayani penumpang ke sejumlah daerah di Jawa Barat dari BIJB, dan sebaliknya, mulai Jumat (9/11/2018) mendatang.

PT Citytrans Utama dan PT Citra Maharlika Lintas Wahana memulai membuka rute Bandung, Tasikmalaya, dan Kertajati secara pulang pergi. Selanjutnya, PT Elang Cakra Ekspress lebih banyak melayani penumpang di kawasan utara yakni Indramayu, Cirebon, dan Majalengka. Terakhir, PT Purwa Transportasi Utama akan menjangkau kawasan Purwakarta.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1759 seconds (0.1#10.140)