Jasa Marga Gelar Fun Rally di Tol Cipularang

Sabtu, 03 November 2018 - 21:27 WIB
Jasa Marga Gelar Fun Rally di Tol Cipularang
Peserta Jasa Marga Fun Rally dilepas oleh Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur untuk menyusuri rute sepanjang 71 KM dari GT Pasteur hingga Rest Area KM 88 arah Jakarta, Jalan Tol Cipularang, Sabtu (3/11/2018). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Guna menekan angka kecelakaan di jalan tol, PT Jasa Marga menggelar kampanye keselamatan berkendara melalui event "Jasa Marga Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018" yang digelar di Tol Cipularang, Sabtu (3/11/2018).

Fun Rally ini menempuh total jarak sepanjang 71 km dengan menelusuri ruas jalan Tol Cipularang dari Gerbang Tol (GT) Pasteur hingga Rest Area di KM 88 arah Jakarta. Peserta yang ambil bagian dalam event ini total mencapai 200 kendaraan dari internal Jasa Marga ataupun dari klub mobil. Di antaranya Expander Mitsubishi Owner (XMOC), Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Honda Jazz Bandung (HJB), Innova Community (IC), Pajero Indonesia One (PI-1), dan lain-lain.

"Kami ingin jalan tol menjadi tempat untuk mendidik tertib lalu lintas di jalan, semoga kalau sudah terbiasa tertib di tol maka ketika berkendara di jalan-jalan lain juga akan tertib," tutur Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur, Sabtu (3/11/2018).

Dia menekankan pentingnya sosialisasi tertib berkendara di jalan tol. Mengacu data kecelakaan di jalan tol yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya, hingga September 2018 tercatat telah terjadi kecelakaan sebanyak 887 kejadian atau tiga kejadian setiap harinya. Total jumlah korban kecelakaan hingga September 2018 adalah 77 meninggal dunia atau setiap empat hari satu orang meninggal.

"Penyebab kecelakaan itu macam-macam, seperti karena kendaraan over dimensi, over capacity, dan faktor pengemudi. Melalui fun rally ini diharapkan angka kecelakaan itu bisa terus ditekan," tandasnya.

Vice President Operation Management Jasa Marga Bagus Cahya AB menambahkan, pada event ini peserta diajak untuk menerapkan perilaku tertib berlalu lintas dalam berkendara. Mulai dari penggunaan sabuk pengaman, mematuhi marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas, mengendalikan kecepatan kendaraan, hingga edukasi dalam penggunaan e-Tol yang benar dalam melakukan transaksi nontunai.

Salah seorang peserta Fun Rally dari komunitas ERCI, Deni, mengapresiasi kampanye tertib berlalu lintas yang dikemas melalui sebuah event menarik. Sebab, dengan menelusuri Tol Cipularang yang memiliki pemandangan indah membuat peserta jadi merasa terhibur. Apalagi, selain rally di jalan tol ada juga talk show seputar keselamatan berkendara yang benar dan aman serta persiapan kendaraan sebelum dipakai.

"Event yang sangat menarik. Pesannya bisa tersampaikan, peserta happy, dan punya kenalan baru dari komunitas kendaraan lainnya. Semoga event ini rutin digelar setiap tahun dan angka kecelakaan di jalan tol bisa turun," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9822 seconds (0.1#10.140)