Bandara Kertajati Buka Rute Baru ke Kualanamu

Jum'at, 02 November 2018 - 18:30 WIB
Bandara Kertajati Buka Rute Baru ke Kualanamu
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, kembali membuka rute baru, yakni Bandara Kertajati (KJT)-Bandara Kualanamu (KNO), Medan, Sumatera Utara secara direct dan sebaliknya.

Rute baru tersebut akan dilayani maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia dengan pesawat Airbus A320 yang mulai beroperasi pada 9 November 2018 mendatang.

"Alhamdulilah, maskapai Citilink akan melakukan penerbangan keduanya dari Bandara Kertajati dengan mengambil rute Kertajati-Kualanamu dan sebaliknya mulai 9 November nanti," kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Jumat (2/11/2018).

Keberangkatan dari Bandara Kertajati ke Bandara Kualanamu dijadwalkan pukul 08.45 WIB dan tiba pukul 11.25 WIB. Sementara keberangkatan dari Bandara Kualanamu ke Bandara Kertajati dijadwalkan pukul 05.40 WIB dan tiba pukul 08.05 WIB.

Rute yang dilayani anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut merupakan rute kedua setelah sebelumnya Citilink juga melayani penerbangan perdana saat musim Lebaran 2018 Juni lalu yang dilanjutkan penerbangan reguler per 1 Juli 2018 dengan rute Bandara Kertajati-Bandara Juanda dan sebaliknya setiap hari.

Dimas melanjutkan, penerbangan menuju Bandara Kualanamu tersebut akan mulai diujicobakan sepekan tiga kali, yakni Rabu, Jumat, dan Minggu. Pada tahap awal ini, penerbangan tidak dilakukan setiap hari sambil melihat pangsa pasar.

"Ini tidak setiap hari dulu untuk tahap awal karena kita ingin lihat permintaan pasar. Tapi dari sisi riset kita, Kertajati-Kualanamu adalah high recomended. Sehingga, kita diskusikan dengan airlines dan akhirnya disambut baik oleh pihak Citilink," terang Virda.

Dia meyakini, rute Kertajati-Kualanamu akan diminati masyarakat karena berdasarkan kebutuhan penerbangan, layanan menuju Medan cukup besar untuk kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang masuk dalam catchment area Bandara Kertajati.

Selain Medan, rute domestik lainnya seperti Denpasar, Yogyakarta, Makasar dan Jakarta masih terus dijajaki agar penerbangan dari Bandara Kertajati bisa lebih atraktif.

"Karena target kita sampai akhir tahun ini ingin bisa melayani 14 rute, baik domestik maupun internasional yang dilakukan secara direct," katanya.

Sementara untuk menjangkau wilayah barat dan tengah Indonesia, pengajuan penerbangan komersil sudah dilakukan maskapai domestik TransNusa dengan penggunaan pesawat jenis turboprop ATR 72-600. TransNusa akan memulai penerbangan dari Kertajati menuju Bandar Lampung (TKG) dan Semarang (SRG) pada Minggu 11 November 2018.

Adapun untuk rute internasional, penerbangan sudah ditandai dengan dibukanya flight secara direct Kertajati-Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober 2018 lalu yang dilepas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Penerbangan jamaah umrah tersebut menggunakan pesawat tipe Boeing 737 max 8 satu kali setiap pekannya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5013 seconds (0.1#10.140)