Strategi Bupati Anne Kelola Pariwisata Purwakarta

Kamis, 01 November 2018 - 14:02 WIB
Strategi Bupati Anne Kelola Pariwisata Purwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memaparkan potensi wisata di hadapan pengelola pariwisata. Bupati mengungkapan, pengelolaan 40 destinasi wisata yang ada dirasa belum maksimal. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta mengakui peningkatan potensi pariwisata belumlah maksimal. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyiapkan strategi khusus dalam peningkatan potensi itu.

"Yang sudah terdaftar lebih dari 40 potensi pariwisata dan sektor ini akan kita gali terus sebagai sektor unggulan," ungkap Anne di sela pertemuan dengan pengelola pariwisata se-Purwakarta di Aula Janaka Kabupaten Purwakarta. Kamis (1/11/2018).

Potensi pariwisata yang akan terus digenjot adalah wisata kuliner serta wisata alam. Namun, ke depan dia memiliki strategi khusus dalam peningkatan kepariwisataan di Purwakarta, di antaranya dengan menyinergikan seniman dan pengelola pariwisata.

"Kami akan adakan pertemuan rutin dengan pengelola wisata, perhotelan, dan seniman untuk membahas pariwisata Purwakarta, semacam evaluasilah mudah-mudahan bisa meningkatkan wisatawan dengan konsep kekinian," ujar Anne.

Konsep peningkatan kunjungan wisatawan adalah salah satu fokus utama. Perlu adanya peningkatan aspek pendukung pariwisata agar wisatawan betah di Purwakarta. Aspek pendukung itu di antaranya infrastruktur jalan dan akomodasi.

"Kami inginkan wisatawannya bisa menginap dan berlama-lama di Purwakarta. Kami sudah bicara dengan beberapa travel baik Purwakarta maupun di luar Purwakarta, agar dimasukkan dalam paket wisata 1-2 hari," katanya.

Selain itu, peningkatan promosi kepariwisataan adalah salah satu strategi yang akan terus dikembangkan. Apalagi, potensi kunjungan wisatawan setiap akhir pekan lebih dari 50.000 wisman. Menurut Anne, kebanyakan dari wisman datang hanya untuk menyaksikan air mancur, padahal tempat wisata di Purwakarta cukup banyak.

"Promosi wisata, mungkin mereka belum tahu ada wisata lain di Purwakarta, jadi harus terus dipromosikan," katanya.

Untuk mendorong hal tersebut, dirinya akan mendorong industri kreatif, beberapa pelatihan kerja sama pariwisata dan lainnya, membangun Galeri Menong di beberapa tempat untuk mendukung seluruh produk industri kreatif karya anak-anak Purwakarta.

"Membangun industri kreatif termasuk kreativitas milenial di Purwakarta. Bila perlu pengelola pariwisata berkolaborasi dengan seniman di Purwakarta. Termasuk Galeri Menong akan kita perbanyak," tuturnya.

Bahkan, Anne akan mendorong sekolah menjadi salah satu pendukung kepariwisataan, dengan menyiapkan sekolah di beberapa kecamatan di Purwakarta yang memiliki potensi pariwisata memasukkan kesenian, seni tari, dan pencak silat dalam pengajaran di sekolah tersebut.

"Kesenian, seni tari, pencak silat, akan dimasukan ke beberapa sekolah yang akan menjadi unggulan untuk dijadikan sekolah seni," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3442 seconds (0.1#10.140)