KPU Majalengka Gelar Kursus Kepemiluan

Kamis, 01 November 2018 - 12:00 WIB
KPU Majalengka Gelar Kursus Kepemiluan
KPU Majalengka. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Seiring semakin dekatnya pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019, KPU terus berupaya untuk menciptakan pemilu yang berkualitas. Mencetak agen-agen di lapangan adalah salah satu upaya KPU untuk mewujudkan hal itu.

Selain melakukan sosialisasi, dalam waktu dekat ini KPU Kabupaten Majalengka berencana menggelar kursus kepemiluan. Kursus itu akan digelar sebanyak tiga gelombang selama bulan ini.

"Ini program dari KPU RI dan serentak digelar di semua daerah. Namun untuk pemateri dari KPU setempat. Di Majalengka, kursus akan digelar sebanyak tiga gelombang, masing-masing pada 19, 21 dan 22 November," kata anggota KPU Kabupaten Majalengka Divisi Sosialisasi, SDM, dan Partisipasi Masyarkat Diding Bajuri, Kamis (1/11/2018).

Menurutnya, peserta kursus akan mendapat beberapa materi tentang kepemiluan. Materi-materi itu yakni prinsip dasar partisipasi dalam pemilu, prinsip dasar pemilu jujur, adil dan tidak diskriminatif, lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia, tahapan pemilu, penegakan hukum pemilu, public speaking, dan rencana tindak lanjut.

"Harapannya mereka jadi volunteer, agen sosialisasi berbasis keluarga dan komunitas. Setelah mengikuti kursus, mereka bisa menginformasikan kembali info dari kita kepada lingkungan sekitar," jelas dia.

Diding berharap, kursus nanti bisa diikuti oleh masyarakat dari berbagai segmen, sesuai dengan segmentasi pemilih. Segmen-segmen itu yakni segmen pemula, muda, perempuan, pemilih keagamaan, kaum marjinal, dan segmen difabel. "Nanti ada simulasi juga, selain teori," ujarnya.

Sementara, pendaftaran kursus kepemiluan dimulai dari tanggal 1 hingga 7 November. Proses pendaftaran dilakukan lewat online, dengan cara mengunduh formulir di website milik KPU Kabupaten Majalengka, www.kab-majalengka.kpu.go.id. Setiap gelombangnya, peserta dibatasi hanya 20 orang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8278 seconds (0.1#10.140)