Emak-emak Ikut Siapkan Makanan untuk Tim Evakuasi Korban Lion Air

Rabu, 31 Oktober 2018 - 14:25 WIB
Emak-emak Ikut Siapkan Makanan untuk Tim Evakuasi Korban Lion Air
Emak-emak yang merupakan warga sekitar Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, dilibatkan menjadi relawan di dapur umum. Foto/SINDOnews/NilaKusuma
A A A
KARAWANG - Dapur Umum Lapangan (Dumlap) yang didirikan Pemkab Karawang untuk memasok logistik bagi tim evakuasi korban pesawat Lion Air JT-610 cukup kewalahan melayani permintaan makan minum. Warga setempat yang kebanyakan emak-emak pun dilibatkan menjadi relawan.

"Satu hari kita siapkan tiga kali makan buat petugas yang tergabung dalam tim evakuasi. Kemudian ditambah relawan masyarakat yang ikut membantu. Masalahnya kita kekurangan tenaga untuk melayani semuanya," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang Setyadarma di lokasi dapur umum, Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Rabu (31/10/2018).

Setyadarma mengatakan, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya merekrut warga setempat seperti PKK desa atau pendamping PKH (program keluarga harapan) dan TKSK (tenaga kesejahteraan sosial kecamatan) wilayah setempat. Jumlah totalnya sekitar 70 orang. Kebanyakan adalah emak-emak. "Tugas mereka membantu di dapur umum," ujar Setyadarma.

Setyadarma mengatakan, pihaknya dalam satu hari memasak 1.500 nasi bungkus Nasi bungkus disiapkan selama 10 hari masa pencarian korban yang sudah ditentukan pemerintah. (Baca Juga: Cari Lion Air, Tim SAR Temukan Benda Misterius Sepanjang 20 Meter(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2410 seconds (0.1#10.140)