alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kesaksian Nelayan: Pesawat Miring, Jatuh ke Laut, Terdengar Ledakan

Nila Kusuma
Kesaksian Nelayan: Pesawat Miring, Jatuh ke Laut, Terdengar Ledakan
Samin (38) nelayan di Dusun Pakis II Desa Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat, melihat langsung pesawat Lion Air jatuh ke laut, Senin (29/10/2018). Foto/SINDOnews/Nila Kusuma

KARAWANG - Samin (38) nelayan di Dusun Pakis II Desa Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat, belum bisa menyembunyikan rasa kagetnya setelah melihat langsung pesawat Lion Air JT-610 jatuh ke laut, Senin (29/10/2018).

Saat kejadian tersebut dia sedang menjaring udang di dekat lokasi jatuhnya pesawat. Detik-detik jatuhnya pesawat tersebut sempat disaksikan dalam radius sekitar 200 meter. Shock dengan kejadian tersebut, Samin memutuskan untuk tidak melaut setelah kejadian tersebut.

Ketika ditemui di rumahnya, Samin terlihat sedang sibuk memperbaiki jaring yang rusak. Pria beranak satu ini mengaku sengaja tidak melaut karena ingin menenangkan diri setelah menyaksikan kejadian tragis tersebut.



"Perasaan saya sudah tidak enak sejak sebelum kejadian itu sampai sekarang. Seharian ini saya hanya membetulkan jaring," kata Samin, Selasa (30/10/2018).

Samin memang salah satu dari sedikit nelayan yang mengetahui peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air. Sebelum kejadian, seperti biasa Subuh itu dia melaut. Sekitar dua jam perjalanan dari pantai hingga ke lokasi, tiba-tiba di depan dia melihat ada kapal dalam posisi miring turun ke bawah melewati perahu yang ditumpanginya.

"Saya sering lihat pesawat lewat sini tapi yang ini posisi pesawatnya miring sampai sayapnya ke bawah," ujarnya.

Setelah pesawat melewati perahunya dan berada di belakangnya, Samin hanya mendengar suara benda masuk air dan kemudian terjadi ledakan.

"Bunyinya keras sekali. Terus tiba-tiba perahu saya terdorong kencang oleh gelombang. Padahal saat itu cuaca tidak ada gelombang kencang," katanya.

Setelah itu, Samin melihat ke belakang dan menyaksikan ada asap hitam keluar dari dalam laut. Namun, karena takut, Samin meninggalkan lokasi jatuhnya pesawat dan melanjutkan perjalanan ke lokasi lain untuk menangkap menjaring udang.

"Tadinya saya ragu apakah itu pesawat yang jatuh, jadi saya lanjutkan menjaring udang. Saya baru tahu kapal yang saya lihat itu benar-benar jatuh setelah kembali ke darat banyak nelayan lain yang membicarakan pesawat jatuh," jelasnya. (Baca juga: Ini Kata Basarnas Soal Belum Ditemukannya Pesawat Lion Air JT 610).



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif