Pemuda Bandung Barat Komitmen Jaga Perdamaian dalam Kemajemukan

Senin, 29 Oktober 2018 - 19:36 WIB
Pemuda Bandung Barat Komitmen Jaga Perdamaian dalam Kemajemukan
Forum Keserasian Sosial dan Forum Komunikasi Pemuda Desa Sirnagalih, Cipongkor, KBB, berkomitmen mewujudkan masyarakat aman, damai, dan sejahtera. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Forum Keserasian Sosial (FKS) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, menggelar dialog tematik dan bakti sosial di Desa Sirnagalih, Cipongkor, KBB, Senin (29/10/2018).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dan dihadiri oleh perwakilan pemuda, Kepala Desa Sirnagalih, Babinsa, tokoh masyarakat ini, bertujuan untuk mewujudkan masyarakat aman, damai, dan sejahtera.

"Dengan kehadiran teman-teman dari Forum Keserasian Sosial, kami ingin bisa mewujudkan masyarakat harmonis dan memiliki jiwa sosial tinggi, khususnya di Desa Sirnagalih," kata Kades Sirnagalih Andi Hermawan kepada wartawan, Senin (29/10/2018).

Forum ini, ujar dia, barus bisa menjadi wadah masyarakat dalam menampung aspirasi. Selain itu, juga bisa menjadi garda terdepan dalam penanganan permasalahan sosial, termasuk mencegah konflik di masyarakat.

Keberagaman di masyarakat harus menjadi potensi dalam pembangunan seperti telah dicontohkan oleh nenek moyang bangsa ini yang bersatu dalam Bhineka Tunggal Ika.

Forum Keserasian Sosial (FKS) ini merupakan bentukan dari Kementerian Sosial (Kemensos) dalam menjalankan amanat konstitusi, Undang-Undang Nomor 7/2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

UU itu diperkuat kembali dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang ditandatangani Presiden Jokowi, yakni PP Nomor 2/2015. FKS dan FKP sebagai sarana fasilitator kepada pemerintah daerah untuk meminimalisasi pontensi konflik di daerah.

"Semoga silaturahim ini dapat terus terjaga dalam penyampaian aspirasi masyarakat ke pemerintah, serta sinergitas program-program yang di canangkan oleh pusat," ujar dia.

Kabid Sosial di Dinas Sosial KBB Yuyun mengatakan, FKS sesuai amanat konsititusi dan mengacu kepada program kerja Direktorat Sosial Kementerian Sosial RI.

Karena itu, forum ini akan rutin melakukan pertemuan bersama unsur masyarakat untuk berdiskusi terkait isu-isu aktual di masyarakat dan masalah sosial lainnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Pemuda Desa Sirnagalih Dedi mengapresiasi positif kegiatan dialog tematik dan bakti sosial yang digelar oleh Forum Keserasian Sosial.

Selain menjadi mempekuat dan menjaga keharmonisan di masyarakat, bakti sosial juga sangat dirasakan masyarakat. Seperti pembangunan masjid, madrasah, lapangan olahraga, dan pembuatan jalan gang.

"Kegiatan ini tidak hanya pertemuan dan diskusi saja. Tapi juga ada aksi lapangan dalam membantu masalah sosial di masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa terus belanjut di menyentuh ke seluruh desa yang ada di KBB," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7148 seconds (0.1#10.140)