Kemarau, Penjual Jasa Sedot Air Kebanjiran Order

Senin, 30 Juli 2018 - 10:41 WIB
Kemarau, Penjual Jasa Sedot Air Kebanjiran Order
Kurangnya pasokan air bersih membuat seorang penjual jasa sedot air di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengalami banjir pesanan.
A A A
CIREBON - Kurangnya pasokan air bersih membuat seorang penjual jasa sedot air di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengalami banjir pesanan. Dalam sehari penjual jasa ini mendapatkan pesanan lima hingga tujuh warga yang ingin menampung air bersih.

Tak adanya sumber air bersih dan belum masuknya pipa PDAM menjadi permasalahan klasik yang dialami warga Desa Slangit, Kecamatan langenan. Melihat kondisi itu, Wandi, penduduk desa setempat, mencoba jual tenaga untuk mengisi air bersih ke setiap sumur warga.

Berdasarkan pengamatan MNC Media, Senin (30/7/2018), sejak pagi tadi Wandi bergelut dengan ratusan meter selang pipa plastik dan satu unit mesin pompa. Memasang dan menggulung selang pipa plastik pun menjadi kebiasaannya untuk mengisi air dari sungai ke setiap sumur warga. Hal ini sudah dilakoninya semenjak memasuki musim kemarau.

Meski penghasilan yang tidak menentu, dalam sehari Wandi biasa mengisi lima sampai belasan sumur milik warga. Dari jasanya ini, Wandi biasa diberi upah sebesar Rp25 ribu setiap kali pengisian satu sumur dengan kedalaman 8 meter. Wandi yang bekerja seorang diri ini setiap hari diperkirakan mendapatkan minimal Rp100 ribu hingga Rp400 ribu.

Meski kemarau membawa berkah tersendiri baginya, Wandi tetap berharap kepada pemerintah daerah agar memberikan bantuan air bersih untuk setiap sumur masyarakat, sekaligus dapat memberikan solusi mengatasi permasalahan yang terjadi setiap tahun ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0154 seconds (0.1#10.140)