Cari Bangkai Pesawat Lion Air JT 610, SAR Gunakan ROV

Senin, 29 Oktober 2018 - 11:32 WIB
Cari Bangkai Pesawat Lion Air JT 610, SAR Gunakan ROV
Tim SAR mengerahkan ROV, robot penyelam canggih untuk mencari bangkai pesawat Lion Air JT 610 dan korban. Foto: ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Untuk mencari dan menemukan bangkai pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, tim Search and Rescue mengerahkan robot penyelam atau remotely operated underwater vehicle (ROV).

Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, alat ini khusus digunakan untuk melihat kondisi bawah laut. Selain dilengkapi penerangan, ROV juga membawa kamera sehingga bisa mengabadikan kondisi bawah air.

"ROV merupakan robot yang bisa menyelam ke dasar laut dilengkapi penerangan dan kamera. Untuk mengoperasikannya menggunakan remote control," ujar Joshua.

Tim SAR telah bergerak menuju lokasi kejadian. Posko Taktis SAR berada di Karawang. Tim SAR telah menemukan sejumlah puing pesawat termasuk barang-barang milik korban.

Tampak dari foto-foto yang dirilis Tim SAR, kartu tanda penduduk (KTP), tiket pesawat, tas, dompet, dan lain-lain. Namun tim belum menemukan satupun jenazah dari lokasi jatuhnya pesawat.

Diketahui Pesawat Lion Air JT 610 yang dipastikan jatuh di perairan Tanjung Pakir, Kabupaten Karawang membawa 185 penumpang termasuk pilot, co-pilot, dan 5 orang awak kabin, Senin (29/10/2018).

Pesawat hilang kontak sekitar pukul 06.33 WIB, tak lama setelah take off dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Seotta) ke Pangkal Pinang, Bangka Belitung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3531 seconds (0.1#10.140)