Begini Cara Mencuci Pakaian Agar Tidak Terpapar Virus Corona

Selasa, 07 April 2020 - 14:16 WIB
Begini Cara Mencuci Pakaian Agar Tidak Terpapar Virus Corona
Berdasarkan penelitian, virus Corona atau COVID-19 dapat bertahan di permukaan tertentu, termasuk kain. Foto/Istiewa
A A A
JAKARTA - Berdasarkan penelitian, virus Corona atau COVID-19 dapat bertahan di permukaan tertentu, termasuk kain. Virus Corona dapat menempel selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Meskipun para ilmuwan mengatakan bahwa penularan virus melalui bahan lembut, seperti pakaian sangat kecil kemungkinannya. Tidak ada salahnya untuk menjaga pakaian Anda tetap bersih dan terbebas dari virus.

Nah, seperti dilansir Times of India, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat mencuci pakaian selama pandemi COVID-19.

1. Cuci pakaian sesegera mungkin
Cuci pakaian Anda sesegera mungkin, setelah tiba di rumah. Meskipun orang-lorang disarankan di rumah aja, tetapi masih banyak orang ke luar rumah, pergi ke toko untuk membeli barang-barang penting dan sebagainya.

Mengatasinya, setelah Anda bepergian dan masuk ke dalam rumah, ada baiknya mengganti pakaian dan mencuci dengan segera busana yang dikenakan dari luar. Jika Anda tidak dapat segera mencuci pakaian, letakkan langsung di dalam tas cucian atau mesin cuci yang terpisah. (Baca juga; 6 Cara Bersihkan Gagang Pintu hingga Ponsel untuk Mencegah COVID-19 )

2. Proses pembersihan imersif
Pakaian, tidak seperti permukaan keras lainnya yang memiliki lapisan yang dapat menampung virus. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mencuci pakaian dengan benar dalam proses imersif, seperti mencuci basah dengan deterjen.

Pasalnya, hanya membersihkan permukaan pakaian saja tidak cukup. Jika memungkinkan, biarkan pakaian itu dibasahi deterjen selama beberapa waktu sebelum dicuci (terutama jika Anda telah mengunjungi rumah sakit).

3. Pengaturan air
Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, disarankan untuk mencuci pakaian Anda di tempat yang paling sesuai dengan air. CDC di Inggris merekomendasikan suhu air antara 40 hingga 60 derajat Celcius untuk tahan terhadap desinfeksi pakaian. Dianjurkan untuk menggunakan deterjen yang keras dan berkualitas baik. Air bersuhu tinggi sangat penting jika Anda tidak memiliki mesin cuci dan mencuci tangan Anda.

4. Pemutih
Bleach dikenal sebagai agen disinfektan yang baik untuk permukaan yang keras. Namun, Anda tidak bisa menggunakan pemutih dengan kualitas yang sama. Anda akan berisiko merusak pakaian. Sebagai gantinya, gunakan jenis pemutih yang khusus dibuat untuk pakaian. Anda dapat menambahkan sedikit ketika Anda mencuci pakaian untuk menambah perlindungan terhadap infeksi. (Baca juga; Termakan Teori Keliru, Warga Inggris Bakar BTS 5G karena Dianggap Bisa Sebarkan Corona )

5. Tindakan pencegahan dasar
Terlepas dari semua ini, tindakan pencegahan dasar yang telah digarisbawahi untuk pandemi saat ini harus diikuti. Pastikan pakaian Anda tidak menyentuh permukaan rumah sebelum Anda mencucinya. Juga tidak perlu mencuci semua lapisan pakaian. Hanya yang bisa berpotensi bersentuhan dengan permukaan yang bisa menampung virus yang harus dicuci. Penting juga untuk mencuci tangan setelah mencuci pakaian.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3120 seconds (0.1#10.140)