Rumah Zakat Bakal Bantu Sterilisasi Ratusan Fasilitas Umum

Selasa, 07 April 2020 - 11:08 WIB
Rumah Zakat Bakal Bantu Sterilisasi Ratusan Fasilitas Umum
Rumah Zakat terus menyalurkan bantuan penanganan COVID 19. Foto/Dok/Humas RZ
A A A
BANDUNG - Rumah Zakat terus membantu masyarakat ikut menanggulangi wabah virus Corona atau COVID 19 di Indonesia. Salah satu program terbaru yang bakal dilakukan adalah sterilisasi fasilitas umum.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan, Rumah Zakat telah menyalurkan beragam program untuk ikut menanggulangi wabah Corona di Indonesia. Seperti sosialisasi PHBS di 24 provinsi, serta sterilisasi fasilitas umum di 660 titik.

Program tersebut dijalankan dengan menurunkan para relawan terlatih dan profesional. “Kami juga sedang membangun hand washer portable yang akan ditempatkan di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten,” ungkap Nur Efendi dalam siaran persnya, Selasa (7/4/2020).

Tak hanya itu, sebelumnya Rumah Zakat juga telah menginisiasi program Bersama Hadapi Corona. Rumah Zakat mengajak segenap lapisan masyarakat untuk berkolaborasi dalam mengatasi dampak tersebut.

Bentuknya, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000 Alat Pelindung Diri (APD), 7.000 paket Bingkisan Keluarga Pra Sejahtera berupa sembako dan 135.000 paket makanan siap santap. Makanan tersebut akan didistribusikan kepada pekerja terdampak wabah virus Corona di 33 provinsi.

Sementara itu, Rumah Zakat kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan pada 2019. Untuk ke-14 kali Rumah Zakat mendapatkan opini tersebut yang merupakan opini tertinggi dalam bidang audit keuangan. (Baca juga; Bantu Penanganan Corona, Rumah Zakat Kirim APD ke RS dan Puskemas )

Menurut Nur Efendy, dengan undang-undang No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, bahwa semua lembaga amil zakat harus bersedia diaudit syariat dan keuangan. Menurut dia, salah satu tantangan bagi pengelola zakat adalah memperoleh kepercayaan dari masyarakat dan dengan melakukan audit dapat meningkatkan kepercayaan terhadap Rumah Zakat.

Nur Efendi mengungkapkan hampir 22 tahun Rumah Zakat menjembatani 300.000 donatur untuk berbagi dan membahagiakan lebih dari 34 juta penerima layanan manfaat yang membutuhkan lewat program pemberdayaan terintegrasi bernama Desa Berdaya. Di tahun 2019, bersama para donatur, Rumah Zakat telah membangun 1.620 Desa Berdaya dari Aceh sampai Papua.

Desa Berdaya sendiri merupakan program pemberdayaan masyarakat terintegrasi yang disesuaikan dengan potensi desa. Rumah Zakat menempatkan satu relawan inspirasi di desa berdaya yang bertugas mendampingi dan menjadi fasilitator pemberdayaan bagi warga desa.

Untuk memajukan perekonomian warga, Desa Berdaya membangun Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) yang memiliki beragam unit usaha. "Alhamdulillah atas kontribusi semua pihak, di tahun 2019 sebanyak 41% dari mustahik yang kita bina meningkat kesejahteraannya, dan 21,4% keluar dari garis kemiskinan" ujar Nur Efendi.

Program Desa Berdaya yang memiliki ruang lingkup ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan tersebut diharapkan dapat berpartisipasi pada pencapaian SDGs. Tercatat bahwa program yang diusung Rumah Zakat bersama para donatur dan mitra memiliki kontribusi pada 28 target dan 56 indikator SDGs.

“InsyaAllah kami akan terus konsisten dalam menyelaraskan program-program pemberdayaan Rumah Zakat dengan tujuan pembangunan berkelanjutan global,” ungkapnya. (Baca juga; Cegah Virus Corona, Rumah Zakat Sebar Relawan ke 33 Provinsi )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1683 seconds (0.1#10.140)