Polda Jabar Imbau Masyarakat Tak Sebarkan Video-Foto Orang Tergeletak di Jalan

Senin, 06 April 2020 - 13:59 WIB
Polda Jabar Imbau Masyarakat Tak Sebarkan Video-Foto Orang Tergeletak di Jalan
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Beberapa pekan terakhir, masyarakat dihebohkan dengan viral video dan foto orang pingsan di jalan. Unggahan di media sosial itu membuat resah masyarakat itu karena dikaitkan dengan wabah virus Corona.

Padahal informasi tersebut sama sekali belum valid, bahkan cenderung menyesatkan masyarakat awam. Akibatnya timbul keresahan.

Karena itu, Polda Jabar mengimbau masyarakat untuk tidak lagi merekam atau memfoto orang pingsan di jalan lalu mengunggahnya ke media sosial dengan alasan apapun.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, masyarakat juga diminta untuk tidak berlebihan mengomentari peristiwa orang pingsan di jalan, apalagi mengaitkannya dengan wabah virus Corona.

Begitupun dengan perlengkapan baik anggota polisi atau petugas kesehatan yang menggunakan alat perlindungan diri (APD) saat mengevakuasi pasien atau korban di jalan.

"Kami imbau untuk tidak merekam atau memfoto orang pingsan atau petugas yang mengenakan APD. Unggahan seperti itu membuat resah masyarakat dalam kondisi darurat kesehatan seperti saat ini," kata Erlangga, Senin (6/4/2020).

Erlangga mengemukakan, APD merupakan protokol standar operasional prosedur (SOP) yang wajib dikenakan petugas kepolisian dan kesehatan saat menangani sebuah kasus. Namun, masyarakat yang melihat jangan langsung berspekulasi dan menyimpulkan bahwa yang orang sedang ditangani positif terjangkit virus Corona lalu menyebarluaskannya di media sosial.

Diketahui, peristiwa orang pingsan di jalan terjadi di beberapa lokasi. Peristiwa pertama yang viral di media sosial adalah, seorang perempuan tergeletak di Jalan Terus Jenderal Sudirman depan RS Dustira, Kota Cimahi pada Jumat 27 Maret 2020.

Warga Kota Cimahi resah lantaran pengunggah video mengaitkan kejadian itu dengan wabah virus Coorona. Setelah diperiksa tim medis, ternyata perempuan tersebut didiagnosa mengidap epilepsi. (BACA JUGA: Seorang Wanita Tergeletak di Tepi Jalan Terusan Sudirman, Warga Cimahi Panik )

Peristiwa serupa terjadi di Jalan Jakarta pada Selasa 31 Maret 2020, seorang pria tiba-tiba jatuh dan terkapar di tepi jalan. Rekaman video pria terkapar di Jalan Jakarta, Kota Bandung tersebut viral di semua platform media sosial. (BACA JUGA: Viral Video Pria Terkapar di Jalan Jakarta Bandung, Warga Ketakutan dan Menjauh )

Warga yang berada di kawasan itu ketakutan. Mereka tak berani mendekat, apalagi menolong. Warga khawatir korban positif terpapar Corona atau Covid-19. Akibatnya, pria yang terkapar itu dibiarkan tergeletak di tepi jalan di tengah lalu lalang kendaraan baik motor maupun mobil.

Namun setelah diperiksa intensif tim medis Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin atau RSHS Bandung, ternyata pria tersebut pingsan akibat cedera otak ringan. (BACA JUGA: Bukan Karena Corona, Ini Penyebab Pria Terkapar di Jalan Jakarta )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1435 seconds (0.1#10.140)