Percepat Produksi APD, Universitas Maranatha Manfaatkan Teknologi 3D Printing

Minggu, 05 April 2020 - 17:20 WIB
Percepat Produksi APD, Universitas Maranatha Manfaatkan Teknologi 3D Printing
UK Maranatha menggunakan 3D printing untuk produksi APD. Foto/Dok/Tim Koordinator Donasi UK Maranatha
A A A
BANDUNG - Universitas Kristen Maranatha berinisiatif membuat alat pelindung diri (APD) berupa face shield memanfaatkan teknologi 3D printing. Pada tahap awal, kampus ini mampu memodifikasi 1.000 APD.

Inovasi ini diinisiasi oleh 3D Design & Printing Research Group, Laboratorium Robotika, Program Sarjana Teknik Elektro UK Maranatha. Pada tahap pertama, Maranatha telah menerima pesanan face shield sebanyak 1.000 unit dari 65 institusi medis di sekitar Jawa Barat. Proses produksi dilakukan oleh mahasiswa Teknik Elektro dengan dosen pembimbing Muliady, selaku koordinator produksi.

“Desain face shield menggunakan perangkat lunak Fusion Autodesk, yang kemudian dicetak menggunakan 3D printer. Setelah prototype diuji pakai, untuk tahap awal diproduksi 1.000 unit untuk memenuhi pesanan RS/klinik yang membutuhkan," jelas Muliady, Minggu (5/4/2020). (Baca juga; Bantu Penanganan Corona, Rumah Zakat Kirim APD ke RS dan Puskemas )

Tak hanya sampai tahap print saja, pihaknya juga membuat sampai produksi akhir siap pakai dengan dibantu oleh tim mahasiswa untuk membuat visor, perakitan, dan packing siap distribusi. Proses produksi tahap awal dilakukan menggunakan 3 unit mesin 3D printer, dan dalam waktu dekat akan ditambah hingga 13 mesin untuk mempercepat dan menambah kapasitas produksi.

UK Maranatha pada Kamis (2/4/2020), telah mulai mendistribusikan hasil produksi face shield tahap pertama kepada beberapa institusi yang membutuhkan. Seluruh face shield yang diproduksi dalam inisiatif ini diberikan secara cuma-cuma kepada institusi yang memesan.

Universitas Kristen (UK) Maranatha juga tengah menyiapkan pembuatan APD lainnya berupa masker dan baju pelindung diri bagi tim medis. Proses produksi masker dan baju APD ini dilakukan oleh mahasiswa dan alumni Fashion Design – Program Diploma Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain UK Maranatha.

Melalui media sosial, Program Fashion Design juga membagikan tutorial “Pembuatan Masker dalam Jumlah Besar”, serta mengumumkan bahwa masker juga akan disalurkan kepada para pengemudi ojek online (ojol). (Baca juga; Pelija Bagikan Bantuan APD untuk Tenaga Medis Puskesmas dan RSUD )

“Seluruh masyarakat harus bersama-sama melawan pandemi ini. UK Maranatha sebagai institusi pendidikan tinggi yang mengemban misi tridarma pun mendukung penuh melalui karya dan inovasi yang dilakukan oleh segenap warga kampus," kata Rektor UK Maranatha Sri Widiyantoro.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4446 seconds (0.1#10.140)