Pemprov Jabar Bagikan Bantuan 16.900 APD ke Kabupaten dan Kota

Sabtu, 04 April 2020 - 21:04 WIB
Pemprov Jabar Bagikan Bantuan 16.900 APD ke Kabupaten dan Kota
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Forum BUMN di Gedung Pakuan, Kota Bandung. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat membagikan bantuan 16.963 alat pelindung diri (APD) ke kabupaten/kota, termasuk instansi terkait penanganan wabah virus Corona baru atau Covid-19 di Jabar.

Bantuan tahap ketiga tersebut sebelumnya diterima langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Kamis 2 April 2020 lalu. Selanjutnya, bantuan APD dibagikan kepada 189 rumah sakit (RS) dan lima institusi di Jabar mulai Jumat 3 April 2020, kemarin.

"Kami sudah mendistribusikan APD kurang lebih 16.900 ke rumah sakit dan daerah, termasuk yang dikirim Jack Ma dari Alibaba yang diperuntukkan untuk Indonesia melalui Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi," kata Ridwan Kamil, Sabtu (4/4/2020).

Sebelumnya, lewat video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan, mewakili warga Jabar, dirinya berterima kasih atas bantuan penanganan Covid-19 dari Jack Ma, Co-Founder Alibaba Group melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (RI).

"(Ada) APD, test swab, masker, dan lainnya. Alhamdulillah sudah dibantu oleh pemerintah pusat dalam hal ini Pak Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi juga sebagian sumbernya datang dari Jack Ma, Alibaba Foundation," ujar Kang Emil.

Menurut Kang Emil, bantuan dari pebisnis asal China itu untuk warga Jabar yang tengah berjuang melawan Covid-19 membuktikan bahwa kemanusiaan tidak mengenal batas wilayah.

"Atas nama warga Jabar, saya ucapkan terima kasih kepada Jack Ma. Semoga bisnis Alibaba barokah, lahir batin, semoga Tuhan membalas kebaikan Akang Jack Ma yang luar biasa. Sekali lagi, xie xie (terima kasih)," tutur Kang Emil.

Kang Emil pun mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak yang sudah bahu-membahu dalam penanggulangan Covid-19 di Jabar. Dia berharap, akan semakin banyak pihak yang bekerja sama dalam menangani pandemi global ini.

"Saya mengimbau juga kepada masyarakat, mari bergotong royong menyumbangkan tenaga, pikiran, edukasi atau hartanya, sedikit untuk kepentingan memberantas Covid-19 ini. Yang sudah melakukan, saya ucapkan terima kasih dan mudah-mudahan dengan kekompakan, Insya Allah kita pasti menang melawan Covid-19," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani mengatakan, 189 rumah sakit yang menerima bantuan 16.963 APD ini tersebar di hampir seluruh wilayah Jabar, di antaranya RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Indramayu, RSUD Gunung Jati Cirebon, RSU PMI Bogor, RS Puri Cinere Depok, RS Permata Bekasi, RSUD Ciamis, hingga RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya.

Sementara lima institusi Jabar yang juga menerima bantuan APD adalah Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Labkesda Jabar), Landasan Udara Husein Sastranegara, BPKPM Jabar, BPSDM Jabar, serta Dinas Kesehatan Jabar.

"Harapannya, akan semakin banyak APD yang bisa kami distribusikan ke seluruh rumah sakit di Jabar maupun instansi daerah yang menjadi tempat pelaksanaan fungsi pelayanan," kata Berli.

"Pemprov Jabar juga terus membuka kesempatan bagi perusahaan, organisasi, atau komunitas yang ingin membantu dalam penanganan pandemi (Covid-19) ini. Karena seperti pesan Gubernur, wabah ini bisa dihentikan jika semua pihak termasuk masyarakat bekerja sama," tambahnya.

Adapun dua tahap pendistribusian APD sebelumnya, yakni 11.382 APD berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan BNPB serta 619 APD berasal dari corporate social responsibility (CSR) PT Jasa Medivest, salah satu anak perusahaan BUMD PT Jasa Sarana.

Forum BUMN Serahkan Bantuan

Selain membagikan bantuan APD, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil jug menerima bantuan penanggulangan Covid-19 di Jabar. Kali ini, bantuan datang dari perusahaan-perusahaan BUMN yang berada di wilayah Jabar.

Bantuan yang diterima Jumat, 3 April 2020 kemarin itu berupa 380 spanduk edukasi Covid-19 dari Forum BUMN Wilayah Jabar dan satu unit ventilator dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang akan diserahkan kepada RS utama penanganan pasien Covid-19 di Jabar.

Direktur Bisnis sekaligus Plt Direktur Human Capital PT Jasa Marga (Persero) Tbk Mohammad Sofyan menyatakan, Satuan Tugas Covid-19 BUMN sebagai pusat informasi dan koordinasi akan menyinergikan seluruh kegiatan BUMN di Jabar dalam rangka mendukung tugas-tugas Pemprov Jabar dalam penanganan Covid-19.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3937 seconds (0.1#10.140)