Pakai APD Lengkap, Petugas Medis Periksa Ratusan Santri di Cirebon

Rabu, 01 April 2020 - 18:16 WIB
Pakai APD Lengkap, Petugas Medis Periksa Ratusan Santri di Cirebon
Rombongan santri Ponpes Lirboyo Kediri yang tiba di Cirebon segera diperiksa untuk memastikan mereka tidak terpapar virus corona. Foto/iNews/Toiskandar
A A A
CIREBON - Untuk mencegah penyebaran COVID-19, ratusan santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur yang tiba di Kabupaten Cirebon, Rabu (1/4/2020) siang, langsung diperiksa.

Begitu turun dari lima unit bus di area Masjid Al-Jabar, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon yang difungsikan sebagai area check point penanganan corona, para santri disambut petugas medis lengkap dengan peralatan dan baju pelindung.

Para petugas memeriksa satu per satu santri mulai dari suhu tubuh hingga penyemprotan disinfektan ke semua barang bawaan mereka. Para santri juga diminta mengisi formulir data. (Baca : Mudik, 130 Santri Lirboyo Disambut Gugus Tugas Corona Karawang)

Dari hasil pemeriksaan sementara, petugas belum menemukan adanya santri dari lima bus rombongan/ petugas belum menemukan adanya santri yang memiliki gejala atau indikasi terpapar COVID-19. Meskipun begitu, petugas tetap memberikan pengarahan agar para santri mengisolasi diri selama 14 hari ke depan.

Setelah berada di rumah, para diminta tetap menjaga jarak dengan keluarga serta menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. (Baca : Corona Tak Terkendali, Pesantren Tertua di Tasikmalaya Pulangkan Ribuan Santri)

Sekitar 900 santri asal Cirebon memang dipulangkan dari tempat mereka belajar. Selain memasuki masa libur, hal ini dilakukan guna menekan risiko penularan virus corona. Sejauh ini sudah 15 bus pengangkut santri yang telah tiba di Kabupaten Cirebon.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3745 seconds (0.1#10.140)