Mudik, 130 Santri Lirboyo Disambut Gugus Tugas Corona Karawang

Rabu, 01 April 2020 - 14:45 WIB
Mudik, 130 Santri Lirboyo Disambut Gugus Tugas Corona Karawang
Sebanyak 130 santri asal Karawang yang belajar di Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, diperiksa kesehatannya. Foto/SINDOnews/nila kusuma
A A A
KARAWANG - Sebanyak 130 santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, pulang kampung ke Karawang, Rabu (1/4/20). Tak seperti biasa, kepulangan mereka kali ini sama sekali berbeda.

Sebelum disambut keluarga, para santri lebih dulu disambut Satuan Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sebanyak dua unit bus yang membawa para santri dibawa ke halaman Masjid Aljihad. Ke-130 santri secara secara bergiliran diperiksa kondisi kesehatannya.

"Kami ingin memastikan mereka bebas dari virus corona. Kami juga melacak apakah mereka bebas dari kontak dengan pasien corona. Dari hasil pemeriksaan sementara dan wawancara tidak ada satupun yang memiliki gejala virus corona," kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Karawang, Dede Ratna Ningrum, ditemui seusai melakukan pemeriksaan.

Menurut Dede, kedatangan para santri ini membuat Pemkab Karawang melakukan persiapan khusus dalam penyambutannya.Seluruh santri dan juga barang-barang bawaannya diperiksa kemudian dilakukan penyemprotan Disinfektan.

"Kita berjaga-jaga karena mereka baru dari luar kota. Jangan sampai membawa virus ke Karawang," katanya. (Baca : Terpapar Virus Corona, Pendatang Langsung Diisolasi di Cirebon)

Dede menjelaskan usai pemeriksaan seluruh santri dibolehkan kembali ke rumah masing -masing. Hanya saja para santri ini diminta untuk tidak boleh keluar rumah ,menjaga pola hidup bersih dan sehat ,cuci tangan pakai sabun dan makan yang bergizi. "Kami juga meminta tolong agar para santri ini jangan keluar rumah dulu selama 14 hari," ucapnya. (Baca : Pendatang ke Pangandaran Tinggi, Bupati Bakal Perketat Penjagaan Wilayah)

Meskipun begitu, para santri tetap diminta waspada dan menjaga kesehatan. Saat ini mereka telah dijemput pihak keluarga. ā€¯Sebelumnya ,kami juga memberikan penjelasan kepada orangtua atau keluarganya agar melakukan prosedur tentang pencegahan virus ini secara sempurna,"ujarnya.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9178 seconds (0.1#10.140)