Persib, Persija, dan Arema FC Lolos Tanpa Syarat

Rabu, 24 Oktober 2018 - 06:31 WIB
Persib, Persija, dan Arema FC Lolos Tanpa Syarat
10 klub di Indonesia, termasuk Persib Bandung, berpeluang bermain di ajang internasional seperti AFC Cup dan Liga Champions Asia.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10 klub di Indonesia berpeluang bermain di ajang internasional seperti AFC Cup dan Liga Champions Asia. Hal ini setelah Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan hasil Club Licensing Departement 2018.

Dalam peryataannya, PSSI mengatakan ada tiga klub yang lolos tanpa syarat alias mengantongi predikat granted. Mereka adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Arema FC. Sementara, tujuh klub lain lolos dengan persyaratan.

Tujuh klub yang lolos dengan predikat 'granted with sanctions' adalah Madura United, PSM Makassar, Barito Putera, Persipura Jayapura, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Bali United. Mereka harus memenuhi persyaratan hingga 31 Januari 2019.

Persyaratan yang harus dipenuhi terdiri dari lima aspek, dan merupakan ketentuan mutlak yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepak bola Asia (AFC). Kelima persyaratan tersebut adalah sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal, dan financial.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa persyaratan tersebut wajib dipenuhi oleh klub, agar berkesempatan tampil di level internasional. Dalam kesempatan yang sama Ratu Tisha juga mengungkapkan pihaknya mengapresiasi usaha klub untuk memenuhi standar yang ditetapkan.

"PSSI mengapresiasi kerja klub untuk memenuhi persyaratan club licensing department. PSSI selalu mendukung serta mendampingi klub-klub untuk menjadi sebuah klub profesional dan layak berlaga di kompetisi Asia," kata Ratu Tisha.

Nantinya, hanya klub-klub yang lolos persyaratan Club Licensing Department yang bisa mengikuti kompetisi di tingkat AFC, seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Pada tahun 2019, Indonesia mendapat slot tiga, yakni dua tim di AFC Cup dan satu tim ke Kualifikasi Liga Champions Asia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7958 seconds (0.1#10.140)