2 April, Pemkot Bandung Gelar Tes Corona Massal di Stadion GBLA

Selasa, 31 Maret 2020 - 20:46 WIB
2 April, Pemkot Bandung Gelar Tes Corona Massal di Stadion GBLA
Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto/Humas Pemkot Bandung
A A A
BANDUNG - Sebanyak 2.948 orang di Kota Bandung bakal menjalani rapid test virus Corona atau Covid-19 massal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Kamis 2 April mendatang.

Rapid test Corona massal tersebut digelar oleh Pemkot Bandung. Saat ini, Pemkot Bandung telah menerima peralatan tes sebanyak 2.000 buah. Tes tersebut dilaksanakan dengan metode drive thru yang menyasar orang dengan kategori B dan C.

Orang berkategori B, yaitu masyarakat dengan profesi yang karena interaksi sosialnya rawan tertular, seperti dokter dan perawat. Sedangkan orang berkategori C, yaitu meliputi masyarakat luas yang memiliki gejala sakit dan diduga terpapar virus Corona.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengungkapkan, dari 2.000 alat tes tersebut, sebanyak 583 alat telah digunakan. Sehingga, Pemkot akan melakukan pengadaan kembali untuk menutupi kekurangan. (BACA JUGA: Tanggulangi Corona, Oded Bahas Opsi Karantina Lokal dengan Kepala Daerah Lain )

"Pendaftaran mengikuti masif tes dilakukan secara online melalui aplikasi Pikobar atau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung," kata Oded dalam rilis Pemkot Bandung, Selasa (31/3/2020).

Selain pelaksanaan tes Corona massal, Oded mengemukakan, Pemkot Bandung telah menyaurkan 23.000 paket sembako bagi warga kurang mampu yang terdampak oleh kebijakan social distancing atau jaga jarak sosial demi memutus mata rantai persebaran virus Corona. (BACA JUGA: 8 Orang Meninggal Akibat Corona, Wali Kota Bandung Prihatin )

Pemkot Bandung, ujar Oded, juga segera merekrut relawan Covid-19 dari kalangan ASN dan anak muda. Mereka bakal ditugaskan untuk memberi imbauan kepada warga mengenai pentingnya physical dan social distancing dan menyalurkan bantuan dari Pemprov Jabar bagi warga berstatus rawan miskin baru.

"Relawan ini tahap satu untuk membantu kampanye physical dan sosial distancing. Kemudian tahap dua, relawan membantu memverifikasi bantuan yang akan diberikan oleh Pemprov Jabar," ujar Wali Kota. (BACA JUGA: Peringati BLA di Tengah Wabah Corona, Oded Ajak Warga Diam di Rumah )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6833 seconds (0.1#10.140)