Ratusan Pelajar Ikuti Popda Tarung Derajat Tingkat Jabar

Minggu, 29 Juli 2018 - 14:10 WIB
Ratusan Pelajar Ikuti Popda Tarung Derajat Tingkat Jabar
Ratusan peserta dari berbagai daerah di Jabar mengikuti pembukaan Popda XII Jabar cabor Tarung Derajat di GOR Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (29/7/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Ratusan pelajar dari berbagai daerah di Jawa Barat mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Jawa Barat 2018 pada cabang olahraga Tarung Derajat di Youth Center Sport GOR Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (29/7/2018).

Menurut Bidang Pertandingan Popda XII Tarung Darajat Budi Rachmat, kompetisi digelar pada 29 hingga 31 Juli 2018. Popda Tarung Derajat diikuti 158 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap pengcab. Mereka akan bertanding di 17 nomor, memperebutkan 17 medali emas, 17 perak, dan 34 perunggu.

"Ini kompetisi kedua kalinya untuk cabang olahraga Tarung Derajat melaksanakan Popda. Tetapi dari jumlah peserta dan nomor yang dipertandingkan menunjukkan kenaikan signifikan," beber dia.

Guru sekaligus pendiri Tarung Derajat Achmad Dradjat mengatakan, ajang ini diharapkan dimanfaatkan kalangan remaja khususnya pelajar untuk memaksimalkan potensi diri. Menurut dia, masa remaja tak akan datang dua kali, sehingga sangat penting mengeksploitasi semua bakat yang dimiliki.

"Di sinilah tempat kalian mengadu otot, otak, dan nurani. Manfaatkan semua keberadaan fasilitas dan semua yang ada untuk menunjukkan prestasi," kata dia saat memberikan tausiah pada pembukaan POPDA XII Jabar.

Dia mengapresiasi, dari sisi kualitas dan kuantitas Popda Tarung Derajat semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan, di Cirebon sudah dilakukan kompetisi usia dini. Kompetisi itu cukup berhasil dan mendapat dukungan dari para orang tua.

"Saya mengingatkan, agar pembentukan akhlak dan perilaku hidup harus dimulai sejak dini. Kini yang diperlukan generasi kita adalah moralitas yang kuat. Tarung Derajat mencoba menyebarkan moral yang berketuhanan Yang Maha Esa, menyeimbangkan antara otot, otak, dan nurani," jelas guru yang dikenal dengan nama Aa Boxer itu.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat Yudha M Saputra, mengatakan, acara ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya, mengevaluasi dan melihat seberapa besar pembinaan di tingkat pengcab. Dengan bertambahnya nomor perlombaan dan peserta, menunjukkan berjalannya pembinaan di daerah.

"Hasil dari sini, para pemenang akan didelegasikan untuk mengikuti pekan olahraga pelajar tingkat nasional di Papua. Harapan kita, atlet Jabar bisa merebut juara umum," kata dia.

Diketahui, Popda XII Jabar tahun ini mempertandingkan 21 cabang olahraga dan 284 nomor lomba. Total atlet yang terlibat 4.529 atlet dan official. Popda Jabar 2018 akan memperebutkan 284 medali emas, 284 perak, dan 420 perunggu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8259 seconds (0.1#10.140)