Komunitas Gesit Kampanye Stunting di Kota Bandung

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:20 WIB
Komunitas Gesit Kampanye Stunting di Kota Bandung
Founder Gesit Bandung Iwan Seppriadi. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Untuk mencegah dan menurunkan angka anak dengan gangguan pertumbuhan tubuh atau stunting, Komunitas Gesit Bandung untuk menggelar kampanye stunting di Kota Bandung.

Founder Gesit Bandung Iwan Seppriadi mengatakan, Kota Bandung termasuk 13 daerah di Jabar yang menjadi prioritas penanganan masalah stunting. Hal itu tak lepas dari masih ada stunting di ibu kota Jawa Barat ini.

“Kami ikut mengampanyekan balita tanpa stunting ke beberapa wilayah di Kota Bandung. Terakhir, kampanye ini kami lakukan di Kelurahan Padasuka, Cibeunying Kidul,” kata Iwan di Kota Bandung, Senin (22/10/2018).

Dia mengemukakan, pada kampanye ini, Komunitas Gesit Bandung tak hanya membidik balita stunting, tetapi juga ibu dan ayah. Selama ini penanganan stunting hanya fokus pada anak, kali ini komunitas Gesit lebih mengedepankan pencegahan kepada orang tua.

“Program kampanye stunting ini, kami lebih menargetkan ayah. Karena ada peran ayah juga yang membuat anak menjadi stunting. Misalnya tidak merokok di lingkungan keluarga dan rutin membawa anak melakukan kegiatan fisik,” ujar dia.

Tak hanya itu, relawan yang mayoritas mahasiswa Universitas Universitas Sangga Buana (USB) YPKP itu menyebarkan buku kesehatan ibu dan anak. Di buku itu, terdapat panduan untuk mematau pertumbuhan anak agar tidak stunting.

Panduan yang termuat dalam buku itu di antaranya mengajak anak suka makan sayur dan buah, memastikan anak melakukan imunisasi secara penuh, sanitasi dan lingkungan sehat, serta selalu dibawa ke posyandu.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1052 seconds (0.1#10.140)