Pemkot Bandung Segera Hadirkan Bilik Sterilisasi di Lokasi Strategis

Jum'at, 27 Maret 2020 - 23:36 WIB
Pemkot Bandung Segera Hadirkan Bilik Sterilisasi di Lokasi Strategis
Purwarupa bilik sterilisasi dengan disinfektan telah terpasang di Pendopo Wali Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum. Foto/Humas Pemkot Bandung
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah berupaya menghadirkan bilik sterilisasi yang dilengkapi penyemprot disinfektan guna meminimalisasi penularan dan persebaran virus Corona. Pemkot Bandung telah memiliki purwarupa bilik sterilisasi tersebut dan tinggal memproduksinya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, bilik sterilisasi dengan disinfektan ini merupakan hasil karya warga Kota Bandung. Ada dua jenis bilik. Selain bilik disinfektan yang ditempatkan di satu lokasi, juga dibuat bilik dengan tipe mobile atau bergerak.

“Bandung Economic Empowerment Centre (BEEC) yang membuat bilik sterilisiasi portable. Ada juga tadi kami kerja sama dengan Kodim 0618/BS yang mobile. Daripada kita beli mahal, kita bisa bikin sendiri dan bagus juga,” kata Oded dalam rilis Humas Pemkot Bandung yang diunggah ke media sosial Facebook.

Oded mengemukakan, purwarupa yang dibuat kini telah dipakai di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum. Selanjutnya, dalam waktu dekat ini, Wali Kota sudah meminta agar bilik sterilisasi diperbanyak sehingga bisa disediakan di sejumlah tempat strategis dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kami sekarang kerja sama dari BEEC membuat sekitar 10 buah dulu dalam seminggu ke depan. Rencananya di balai kota itu harus ada. Terus mungkin di kantor-kantor dulu ada sebagian. Nanti kami sebarkan ke tempat lain,” ujar Oded.

Wali kota telah berkoordinasi dengan Kodim 0618/BS Kota Bandung membuat bilik disinfektan mobile memanfaatkan sepeda motor roda tiga. Setelah berhasil membuat satu unit, jumlah bilik disinfektan mobile pun akan ditambah.

Menurut Oded, bilik disinfektan inilah yang bisa menjangkau beberapa tempat atau pusat kerumunan. Termasuk mampu menjelajahi permukiman penduduk.

“Saya juga sudah koordinasi dengan Pak Dandim (Kolonel TNI M Heri Subagyo) yang mobile ini menggunakan motor roda tiga di koramil akan dimodifikasi. Tadi sudah jadi. Insyaallah satu minggu ini bisa jadi sekitar tiga unit, dan kalau yang ini bisa masuk ke masyarakat,” tutur Wali Kota.

Oded menaruh harapan besar pembuatan bilik disinfektan ini bisa berkontribusi memutus penularan dan persebaran virus Corona di Kota Bandung, sekaligus menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6880 seconds (0.1#10.140)