Peneliti IPB dan UI Sebut Senyawa Hesperidin pada Kulit Jeruk Mampu Lawan COVID-19

Jum'at, 27 Maret 2020 - 16:03 WIB
Peneliti IPB dan UI Sebut Senyawa Hesperidin pada Kulit Jeruk Mampu Lawan COVID-19
Para peneliti dari UI dan IPB Univesity menyebutkan bahwa senyawa Hesperidin yang terkandung dalam kulit jeruk mampu melawan virus Corona atau COVID-19. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Para peneliti dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) Univesity menyebutkan bahwa senyawa Hesperidin yang terkandung dalam kulit jeruk mampu melawan virus Corona atau COVID-19. Untuk itu, dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap senyawa Hesperidin dan efektivitasnya melawan virus Corona.

“Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Di manakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk,” kata Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara, Jumat (27/3/2020).

Irmanida mengungkapkan,pihaknya bersama Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan COVID-19. "Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya Hesperidin,” ucapnya.

Irmanida menyarankan, untuk mencegah terpapar virus Corona diimbau berdiam di rumah, menjaga kebersihan, dan mengonsumsi makanan bergizi. Di antaranya membuat jus jeruk dengan ditambah sedikit kuitnya karena mengandung senyawa Hesperidin yang dipercaya mampu melawan virus Corona.

“Kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," ujarnya.

Apabila kurang duka dengan rasa pahit, Irmanida menyarankan membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air dan dapat dikonsumsi. (Baca juga; Jangan Buang Kulit Jeruk, Dibikin Manisan Saja! )

“Jangan lupa kulit jeruk dicuci bersih terlebih dahulu. Semua jenis jeruk mengandung Hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon, dan varietas jeruk lainnya," tambahnya. (Baca juga; Jumlah Pasien Corona Berkurang, China Diduga Rahasiakan Resep Remdesivir )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5808 seconds (0.1#10.140)