Hari Santri Nasional 2018, Ini Pesan Bupati Purwakarta

Senin, 22 Oktober 2018 - 12:22 WIB
Hari Santri Nasional 2018, Ini Pesan Bupati Purwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memiliki pesan khusus pada Peringatan Hari Santri Nasional 2018. Inti pesannya adalah santri harus menjadi ruh pembangunan. Untuk mewujudkan itu santri didorong berkontribusi pada pembangunan di Purwakarta, salah satunya dengan nilai-nilai spritualitas.

"Santriwan dan santriwati yang dibina oleh para kiai atau alim ulama harus memberikan ruh dalam pembangunan Purwakarta. Nilai spiritualitas akan ada dalam perjalanan pembangunan Purwakarta," ujar Anne di sela Peringatan Hari Santri Nasional 2018 di Bale Maya Datar, Purwakarta, Senin (22/10/2018).

Selain itu, memasuki tahun politik, Anne pun berharap santri bisa menjadi pelopor penggerak perdamaian. "Hari ini sampai tahun depan merupakan tahun politik. Pemilu akan aman dan damai apabila santri lebih berperan dalam menjaga martabat negeri ini," kata Anne.

Terkait infrastruktur, Anne pun tetap akan mendorong upaya peningkatan pesantren di Purwakarta, dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan pesantren. "Setiap tahun ada hibah untuk mendukung infrastruktur pesantren," ujarnya.

Selain memberikan perhatian pada dunia pesantren, Anne akan meningkatkan penguatan pengetahuan siswa di sekolah-sekolah umum melalui pendalaman Alquran dan kitab kuning.
Untuk merealisasikan program yang sudah berjalan itu, pendalaman Alquran dan kitab kuning menjadi pendidikan tambahan di sekolah-sekolah, bekerja sama dengan Kemenag, MUI, dan Disdik.

"Di 2019 kita sepakat membuat kelas khusus pendalaman kitab kuning. Ya semacam ekstrakurikuler," ujar dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5626 seconds (0.1#10.140)