Antisipasi Pemudik Jakarta, DPRD Usul Jabar Lockdown Lokal

Kamis, 26 Maret 2020 - 18:35 WIB
Antisipasi Pemudik Jakarta, DPRD Usul Jabar Lockdown Lokal
Foto/ilustrasi SINDOnews
A A A
BANDUNG -
Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat mengusulkan pemberlakuan lockdown skala lokal di wilayah Provinsi Jawa Barat. Hal ini dianggap mendesak demi menekan potensi penyebaran virus Corona (COVID-19). Terlebih banyaknya warga Jawa Barat di Jakarta yang setiap saat bisa pulang kampung.

"Bisa diterapkan di Pantura, termasuk daerah -selatan. Pemerintah pusat sebetulnya sudah menyampaikan mudik dilarang, tapi 14 hari di rumah itu tetap saja jalan-jalan, masih ke mall. Banyak warga yang belum mengerti," ungkap Taufik seusai rapat dengan Gubernur Ridwan Kamil dan pimpinan fraksi DPRD Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (26/3/2020). (Baca : Warga Miskin Terdampak Corona Bakal Terima Rp500.000 per Bulan)

Ridwan Kamil dalam mengatakan akan mendiskusikan lebih lanjut usulan itu dengan pemerintah pusat. Pasalnya, kebijakan lockdown merupakan kewenangan pemerintah pusat. ”Kita diskusikan dengan pemerintah pusat, apakah masukan-masukan dari Pemprov Jabar bisa dipertimbangkan,” ujarnya. (Baca : Jawa Barat Siapkan Rp18 Triliun untuk Warga Miskin Terdampak Corona)

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengakui, melonjaknya jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Jawa Barat disebabkan banyaknya warga Jabar di Jakarta yang pulang kampung. Padahal, instruksi pemerintah jelas bahwa mereka harus tetap berada di Jakarta. "Nah ini yang menjadi kendala besar sehingga kita akan lakukan sebuah tindakan yang lebih preventif,” tandasnya.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3683 seconds (0.1#10.140)