alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Whiskie Santri, Kopi Hitam Non-alkohol yang Nikmatnya Nyegerin

Toiskandar
Whiskie Santri, Kopi Hitam Non-alkohol yang Nikmatnya Nyegerin
Okim Abdurokhim, pemilik Saung Perjuangan sedang memasukkan cairan kopi ke dalam botol. Foto/MNC News/Toiskandar

CIREBON - Whiskie identik dengan minuman beralkohol memabukkan. Namun tidak dengan Whiskie yang diberi nama Whiskie Santri ini.

Minimuman itu dibuat dari kopi hitam murni. Whiskie Santri disajikan dalam kemasan botol tipis ala Whiskie. Selain untuk memperkenalkan kopi nusantara kepada kalangan pesantren, Okim Abdurokhim, pembuat kopi Whiskie Santri dan pemilik Saung Perjuangan, juga ingin agar semua masyarakat tahu bahwa kopi merupakan minuman khas semua kalangan.

Tak ada yang berbeda dari cara penyeduhan kopi nusantara di Saung Perjuang, Kota Cirebon, Minggu (21/10/2018) siang. Di kedai kopi yang terletak di depan Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Kota Cirebon ini, kopi dibuat dengan cara seperti biasa. Dimulai dari menggiling biji kopi hingga proses penyeduhan dengan filter khusus.

Namun ada yang istimewa dari semua jenis seduhan kopi di sini, yakni Whiskie Santri. Ya Whiskie Santri ini dibuat secara khusus oleh Okim dengan mengandalkan biji kopi pilihan khas Nusantara.

Biji kopi digiling sampai halus. Kemudian diseduh dengan air mendidih melalui proses filterisasi hingga tak lagi meninggalkan ampas. Kopi yang sudah diseduh, didiamkan selama hampir delapan belas jam. Setelah itu dimasukkan ke dalam botol tipis menyerupai kemasan minuman keras asal Rusia itu.

Bagi Okim yang memiliki basik pesantren, kopi merupakan minuman sehari-hari yang biasa diseduh saat malam atau pagi hari. Untuk memperkenalkan secara luas kebiasannya itu, Okim pun membuat produk kopi dengan nama Whiskie Santri.

Okim mengklaim, kopi racikan yang telah difermentasikan selama hampir 18 jam tersebut, memiliki cita rasa istimewa dan mampu bertahan selama tiga puluh hari. “Whiskie Santri juga dibuat untuk mengubah pandangan masyarakat jika Whiskie tak melulu beralkohol dan memabukkan,” kata Okim Abdurokhim ditemui dikedainya, Minggu (21/10/2018) siang.

Whiskie Santri, Kopi Hitam Non-alkohol yang Nikmatnya Nyegerin

Dalam sehari, ujar Okim, kedai kopi Saung Perjuangan mampu menghasilkan dua ratus botol Whiskie Santri. Kopi istimewa tersebut kemudian dikirimkan ke sejumlah pesantren untuk dijajakkan dengan harga Rp20.000-Rp25.000 per botol.

“Diharpkan, kopi yang disajikan secara berbeda ini mampu membuat masyarakat lebih mengenal cita rasa kopi Nusantara yang memiliki rasa beragam,” ujar dia.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif