Kodam Siliwangi Gelar Penyemprotan Disinfektan Massal di Kota Bandung

Kamis, 26 Maret 2020 - 15:17 WIB
Kodam Siliwangi Gelar Penyemprotan Disinfektan Massal di Kota Bandung
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengecek peralatan untuk penyemprotan massal disinfektan. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Kodam III/Siliwangi melaksanakan penyemprotan disinfektan massal di seluruh wilayah Kota Bandung untuk membasmi virus Corona atau Covid-19, Kamis (26/3/2020).

Sebelum penyemprotan dilaksanakan, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, melakukan pengecekan perlengkapan sekaligus melepas keberangkatan tim yang melaksanakan penyemprotan di Lapangan Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Nomor 69 Kota Bandung.

Dalam pelaksanaan penyemprotan disinfektan massal ini, Kodam III/Siliwangi menggandeng PT Telkom Indonesia, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, dan PDAM Tirta Wening Kota Bandung.

Perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan itu, 200 paket alat semprot, alat pelindung diri (APD), dan masker. Selain itu terdapat juga satu unit kendaraan pemadam kebakaran, tiga unit ambulans, satu unit truk, kendaraan khusus untuk cuci tangan, dan disiapkan juga 1 unit kendaraan mobile portable disinfektan.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, penyemprotan disinfektan massal ini melaksanakan perintah KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Penyemprotan disinfektan massal dilaksanakan selama tiga hari mulai 26 Maret sampai dengan 28 Maret 2020 nanti. Asrama-asrama prajurit, perkantoran, perumahan, dan fasilitas umum disemprot disinfektan serentak, bukan hanya di Bandung tetapi semua kodim jajaran Kodam III/Siliwangi," kata Pangdam.

Panglima mengemukakan, alat yang digunakan untuk menyemprotkan disinfektan bantuan dari Telkom Indonesia ini, dirancang untuk bisa masuk ke gang-gang kecil dan sempit.

"Kemudian ada motor khusus untuk cuci tangan dan mobile portable disinfektan. Jadi niat kami membantu masyarakat dan prajurit TNI khususnya dari TNI AD," ujar Panglima.

Pada kesempatan itu, Pangdam Siliwangi mengimbau masyarakat sering cuci tangan, jaga kesehatan, jaga jarak, rajin berolah raga, menghindari kerumunan massa, makan makanan yang sehat, istirahat cukup dan berdoa agar terhindar dari Virus Corona (Covid-19).

Hadir dalam kegiatan itu, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, EVP Telkom Regional 3 Mohamad Khamdan, dan pejabat utama Kodam III/Siliwangi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0840 seconds (0.1#10.140)