Kembangkan Kopi Sanggabuana, Jokotri Bagikan 100 Gerobak Gratis

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 21:50 WIB
Kembangkan Kopi Sanggabuana, Jokotri Bagikan 100 Gerobak Gratis
Jokotri (kanan) secara simbolis membagikan gerobak kopi kepada pedagang. Foto/SINDOnews/NilaKusuma
A A A
KARAWANG - Keberadaan Kopi Sanggabuana yang berasal dari Gunung Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, bakal terus digaungkan. Untuk memasyarakatkan Kopi Sanggabuana ini, seorang pengusaha asal Bandung, Joko Tri Suroso, membagikan 100 gerobak gratis kepada UMKM di Karawang.

Menurut Joko Tri Suroso yang biasa disapa Jokotri, melihat kondisi masyarakat saat ini masih banyaknya penggangguran, perlu ada peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat kecil. Wirausaha di bidang kopi dinilai sangat membuka peluang untuk meraih sukses. Apalagi, Kopi Sanggabuana masih sangat terbuka peluang untuk bersaing dengan kopi yang sudah ada.

"Kualitas Kopi Sanggabuana sangat bagus, tinggal bagaimana kita mengolahnya dengan benar. Itu sebabnya kami memberikan pelatihan kepada UMKM agar mereka menguasai teknik mengolah kopi dengan benar. Peluang pasarnya masih terbuka luas dan sangat kompetitif," kata Jokotri seusai memberikan gerobak di Karawang Street Coffee, Sabtu (20/10/2018).

Jokotri tergerak mengembangkan usaha Kopi Sanggabuana karena melihat peluang bisnis yang terbuka luas. Untuk tahap pertama dia membagikan sebanyak 100 unit dari target 1000 gerobak yang dibagikan secara gratis. Namun, dalam perkembangannya dia juga memberikan gerobak untuk usaha kecil lainnya seperti gerobak bakso, sate, atau gorengan.

"Biar bisa berdampingan berdagangnya untuk saling melengkapi satu dan lainnya," ujarnya.

Setelah membagikan gerobak ini, dia akan melihat sejauh mana perkembangan pasar Kopi Sanggabuana. "Saya optimistis Kopi Sanggabuana bakal bersaing dengan kopi lainnya. Kita lihat saja perkembangannya dari pemberian yang 100 gerobak. Selanjutnya nanti akan kita tambah lagi gerobaknya secara bertahap," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1790 seconds (0.1#10.140)