3 Ekosistem Digital Bantu Rp3 Miliar untuk Pengadaan APD Tenaga Medis

Rabu, 25 Maret 2020 - 09:19 WIB
3 Ekosistem Digital Bantu Rp3 Miliar untuk Pengadaan APD Tenaga Medis
Tiga ekosistem digital memberikan bantuan Rp3 miliar bantu tangani virus Corona. Foto/Dok/Humas Grab
A A A
BANDUNG - Tiga ekosistem digital, yaitu Tokopedia, Ovo, dan Grab mendonasikan masing-masing Rp1 miliar untuk membantu memerangi COVID-19 . Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri (APD) para tenaga medis.

Bantuan kemanusiaan ini bekerja sama dengan Benih Baik pimpinan Andy F Noya. Sedangkan donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison mengatakan, langkah ini adalah upaya dan semangat dalam memerangi COVID-19. Salah satunya adalah dengan menyumbang dana sebesar Rp1 miliar dari Tokopedia. Pihaknya juga membuka jalur donasi agar masyarakat juga dapat turut berkontribusi. (Baca juga; Keluarga Agnelli Bantu Pemerintah Italia Rp167 Miliar untuk Hadapi COVID-19 )

“Sejak awal, kami berinisiatif dan mengambil tindakan tegas untuk membantu penjual, pembeli dan mitra strategis lainnya tetap dapat memanfaatkan layanan Tokopedia. Ini upaya Tokopedia untuk meredam laju penyebaran COVID-19 dan memudahkan masyarakat untuk #DiRumahAjaDulu,” tambah Leontinus.

Tokopedia di sisi lain juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker mulut untuk TKI yang membutuhkan di Hongkong, seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan namun cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan. Selain itu, Tokopedia membuka dua kanal berdonasi demi mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia.

Presiden Direktur Ovo Karaniya Dharmasaputra menyatakan, di tengah pandemi global yang kini juga menyeret Indonesia ke masa yang penuh tantangan ini, Ovo juga memiliki tanggung jawab untuk berperan nyata dalam mendukung upaya pemerintah meredam dan mengatasi penyebaran virus ini. Termasuk, memainkan peran kami sebagai penyedia layanan e-money untuk terus menggerakkan roda perekonomian nasional, khususnya di ranah ekonomi digital.

“Bantuan berupa alat perlindungan diri seperti masker, pembersih tangan, multivitamin hingga sarung tangan sangat dibutuhkan ketika jumlah pasien terus melonjak,” kata Karaniya. (Baca juga; Bio Farma Salurkan Bantuan kepada Satgas Covid-19 Jawa Barat )

Selain telah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) sebagai tindakan pencegahan di kantor bagi karyawan, Ovo antara lain juga meluncurkan program bantuan untuk merchant termasuk UKM, yakni dengan membagikan 10.000 pembersih tangan (hand sanitizer) di wilayah Jabodetabek dan Bali.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara. GrabHealth powered by GoodDoctor juga diberikan kepada para mitra Grab yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dalam masa penuh tantangan ini.

"Kami sangat mengapresiasi upaya dan inisiatif dari Tokopedia, Ovo dan Grab. Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh dan mendorong lebih banyak masyarakat untuk bersatu dan mendukung upaya pemerintah dalam melawan COVID-19," imbuh Andy F Noya, Founder sekaligus CEO BenihBaik.com.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6205 seconds (0.1#10.140)