Bandara Kertajati Buka Dua Rute Penerbangan Baru

Jum'at, 19 Oktober 2018 - 18:07 WIB
Bandara Kertajati Buka Dua Rute Penerbangan Baru
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Dua rute penerbangan baru akan menambah penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka yakni Semarang dan Bandar Lampung.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, dua rute penerbangan baru tersebut akan dilayani oleh maskapai penerbangan domestik Transnusa yang dimulai November 2018 mendatang.

Penambahan rute menuju dua daerah daerah tersebut dilakukan karena demand dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar. Untuk sementara, Transnusa akan melayani penerbangan menuju Semarang dan membidik Yogyakarta pada tahap selanjutnya.

Sementara penerbangan menuju Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan menjadi rintisan penerbangan menuju daerah lainnya di Pulau Sumatera, seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh, bahkan Batam yang cukup dinanti-nanti oleh warga Jabar.

Diketahui, sejak mengantongi izin penerbangan 2011 lalu, Maskapai Transnusa sendiri lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini, layanannya diperluas menuju wilayah tengah dan barat Indonesia.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan ke depannya, baik itu untuk BIJB maupun Transnusa. Sebelumnya, layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," tutur Virda di Bandung, Jumat, (19/10/2018).

Di awal penerbangannya dari Bandara Kertajati, Transnusa akan mengisi slot jadwal penerbangan pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali, yakni Minggu dan Senin pulang pergi.

Jadwal penerbangan dari Bandara Kertajati (KJT) menuju Bandar Lampung (TKG), yakni pukul 6.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, dari TKG menuju KJT, pesawat akan take off pukul 7.50 WIB dan tiba di bandara tujuan pukul 8.50 WIB.

Adapun layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 9.10 WIB dan dijadwalkan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Sementara penerbangan dari Semarang menuju Bandara Kertajati, pesawat akan lepas landas pukul 17.25 WIB dan tiba pukul 18.10 WIB. "Jadwal penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," terang Virda.

Sebelum membuka rute penerbangan Semarang dan Bandar Lampung, Bandara Kertajati sendiri sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya sebaliknya sejak Juni 2018 lalu.

Terbaru, Bandara Kertajati juga melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan direct Kertajati-Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober lalu. Penerbangan umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 max 8 tersebut dilakukan satu minggu sekali.

Virda menambahkan, sejumlah maskapai lainnya sudah mengajukan slot penerbangan kepada pihaknya. Seluruh pengajuan slot penerbangan itu kini dalam tahap evaluasi karena berkaitan dengan bandara tujuan.

Virda juga menyebutkan, sejumlah rute penerbangan lain yang tengah dibidik, yakni Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan penerbangan internasional, yakni Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Jepang.

"Karena kita targetkan di awal pengoperasian bandara ini, ada 14 rute penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," tandasnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8391 seconds (0.1#10.140)