Dukung PSBB, Pedagang Pasar Baru Bersedia Pindah

Jum'at, 08 Mei 2020 - 13:25 WIB
loading...
Dukung PSBB, Pedagang Pasar Baru Bersedia Pindah
Ratusan pedagang sayur mayur yang sebelumnya berdagang di belakang pasar baru Kabupaten Karawang bersedia dipindahkan mulai Jumat (8/5/2020) ini. SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Rencana Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana, menjadikan Pasar Baru sebagai percontohan pasar physical distancing selama pelaksanaan PSBB menemukan titik terang.

Ratusan pedagang sayur mayur yang sebelumnya berdagang di belakang pasar bersedia dipindahkan mulai Jumat (8/5/2020) ini. Mereka akan berdagang di sebagian jalan Kertabumi dan jalan Tuparev, tepat didepan pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag) Karawang, Ahmad Suroto mengatakan, hasil musyawarah antara Pemkab Karawang dengan pedagang dicapai kesepakatan, pedagang yang sebelumnya berjualan di belakang Pasar Baru bersedia pindah ke lokasi yang sudah disediakan pemerintah selama PSBB.

"Kalau sebelumnya mereka berjualan di jalanan belakang pasar yang merupakan akses masuk kendaraan barang. Sekarang selama PSBB mereka pindah ke jalan depan pasar. Itu sementara saja nanti setelah PSBB kita akan carikan solusi lokasi yang tepat untuk mereka berdaganh," kata Ahmad Suroto.

Ahmad Suroto mengatakan, selama PSBB pedagang dibolehkan berdagang di jalan Kertabumi dan tuparev dengan tetap mengutamakan physical distancing. Lapak para pedagang masing-masing akan dikasih garis kotak di tempat dagangan untuk menjaga jarak antara pedagang dan juga pembeli. Rencananya ada 500 kotak tempat para pedagang.

"Jam operasionalnya mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, setiap harinya. Selama berdagang di sana mereka tidak akan dipungut retribusi." katanya. (Baca juga; Pemkab Karawang Sediakan 100 Ton Beras untuk Kebutuhan PSBB )

Sebelumnya Bupati Cellica Nurachadiana mengatakan Pasar Baru Karawang akan menjadi percontohan pasar physical distancing. Sebagian pedagang harus dipindah bergeser ke depan pasar yang merupakan jalan utama Karawang. (Baca juga; Pupuk Kujang Pastikan Stok Pupuk Aman di Tengah Pandemi COVID-19 )

Sebagian jalan Kertabumi dan Tuparev, selebar 4 meter dipakai untuk pedagang. "Mereka sebelumnya dagang di belakang pasar dan sangat padat jadi harus dipindah ke depan yang sudah kita sediakan." kata Cellica saat bertemu pedagang pada hari pertama PSBB.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)