Buruh KBB dan Kota Cimahi Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai

Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:33 WIB
Buruh KBB dan Kota Cimahi Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai
Buruh KBB dan Kota Cimahi deklarasi pemilu damai di Kampung Bongkok, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, KBB, Kamis (18/10/2018). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi, menggelar deklarasi damai menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 di Kampung Bongkok, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, KBB, Kamis (18/10/2018).

Deklarasi ini diikuti oleh enam SP/SB di Kota Cimahi dan sembilan dari KBB. Di antaranya, SPN, FSPMI, Kasbi, SPSI, SBSI 1992, Gobsi, dan lain-lain. Perwakilan buruh yang hadir kemudian mengucapkan janji dan ikrar untuk menjaga Kota Cimahi dan KBB kondusif selama pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2019.

"Kami aliansi buruh di Cimahi dan KBB hari ini mendeklarasikan diri untuk menjaga kondisi yangaman,damai, dan sejuk selama pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun depan," kata Ketua SPSI Kota Cimahi Edi Suherdi kepada wartawan, Kamis (18/10/2018).

Dia mengemukakan, deklarasi ini diharapkan bisa menjaga kebersamaan demi membawa Indonesia lebih baik lagi. Buruh di KBB dan Cimahi dinilai paling solid meskipun anggotanya banyak bertebaran di berbagai partai.

Di Cimahi, ujar dia, tercatat jumlah anggota dan pengurus SP/SB aktif sebanyak 60.000 anggota. Di KBB ada 7.000. Jumlah buruh di Cimahi sebanyak 90.000 orang dan di KBB ada 120.000.

"Aksi kami ini merepresentasikan buruh yang ada di KBB dan Cimahi. Meskipun begitu untuk pilihan pada pilpres dan pileg itu diserahkan kepada masing-masing," ujar dia.

Disinggung mengenai apakah akam ada aksi unjuk rasa pada saat menuntut penetapan UMK yang biasanya dilakukn di akhir tahun, dirinya tidak menampik jika aksi mungkin saja ada.

Tapi dipastikan, ketika ada demo nantinya, maka itu murni adalah menuntut hak buruh tidak terkait atau ditumpangi oleh embel-embel politik. Sebab pada dasarnya buruh tidak mau dipecah atau di kotak-kotakan.

"Demo itu bentuk dari menyuarakan aspirasi dan diatur dalam undang-undang. Konteks demo buruh adalah memperjuangkan kesejahteraan bukan memperjuangkan politik," ujar Edi.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara yang hadir pada acara deklarasi itu mengapresiasi, deklarasi pemilu damai yang digelar aliansi SP/SB di Cimahi dan KBB.

"Keberadaan buruh ini sangat strategis. Mereka jumlahnya sangat banyak. Sehingga ketika ada komitmen mereka untuk damai, kami sangat menghargai. Tujuannya agar tercipta pemilu yang aman, damai, dan sejuk," tutur Rusdy.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6520 seconds (0.1#10.140)