Fungsi Bendung Rentang Jatitujuh Dinilai Perlu Ditingkatkan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 17:43 WIB
Fungsi Bendung Rentang Jatitujuh Dinilai Perlu Ditingkatkan
Bendung Rentang Jatitujuh di Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
BANDUNG - Fungsi Bendung Rentang di Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh, dinilai perlu ditingkatkan. Sebab, fungsi Bendung Rentang yang memiliki peran penting bagi pemenuhan sumber air untuk pertanian di Kabupaten Majalengka, Cirebon, dan Indramayu.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Happy Mulya Selama mengatakan, pengoperasian Bendung Rentang cenderung masih tradisional. Hal tersebut bertolak belakang dengan fungsinya yang cukup vital.

"Bendung Rentang perlu dimodernisasi dengan memperbaiki saluran-saluran, termasuk nanti dengan pintu-pintu kami pakai semua dengan otomatis. Sehingga sistemnya real time. Selama ini kan dioprasikan secara manual," kata Happy Mulya saat mendampingi pejabat dari Kementerian Sumber Daya Air China YE Jianchun meninjau Bendung Rentang Jatitujuh, Kamis (18/10/2018).

Dia mengemukakan, untuk saluran Cimanuk, Bendung Rentang Jatitujuh menjadi priotitas. Namun, untuk mewujudkan hal itu, Happy menegaskan dibutuhkan suntikan dana tak sedikit. Bantuan dana itu dibutuhkan untuk pembenahan bendung dan irigasi di wilayah lain.

"Untuk Cimanuk kita fokus di Rentang. Kita harapkan setelah mereka (pejabat dari China) ihat, mudah-mudahan mereka bisa mensuport dana-dana," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3138 seconds (0.1#10.140)