Modernisasi Bendung, China Diharapkan Suntik Dana

Kamis, 18 Oktober 2018 - 17:28 WIB
Modernisasi Bendung, China Diharapkan Suntik Dana
Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Happy Mulya (tiga dari kanana) memberi penjelasan kepada Wakil Menteri Sumber Daya Air China YE Jianchun di Bendung Rentang. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Negara China, salah satu negara yang diharapkan dapat mendukung pendanaan untuk membiayai proyek-proyek pembangunan infrastruktur terutama bendung dan irigasi, yang membutuhkan anggaran tak sedikit.

Agar China bersedia mendukung pendanaan proyek infratruktur, pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung mengajak Wakil Menteri Sumber Daya Air China YE Jianchun mengunjungi Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka, Kamis (18/10/2018).

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Happy Mulya mengatakan, kunjungan bersama Wakil Menteri Sumber Daya Air Republik China YE Jianchun itu agar dapat melihat langsung pembangunan infrastruktur air, bendung dan irigasi yang telah dilaksanakan pemerintah RI.

"Selama ini kan mereka (China) banyak mendonor keuangan. Dengan kunjungan ini, mereka bisa melihat apa yang kita buat (bangun). Tentu masih banyak juga keterbatasan dan kekurangan. Mudah-mudahan kedatangan Wakil Menteri Sumber Daya Air China ini bisa melihat. Ke depan mungkin bisa membantu untuk menyelesaikan (proyek pembangunan bendung dan irigasi)," kata Happy.

Dia mengemukakan, selain pembangunan, dibutuhkan juga rehabilitasi terhadap sejumlah bendung. Untuk merealisasikan hal itu, dibutuhkan biaya tidak kecil.

"Tentu kita (Indonesia) butuh dana untuk membangun atau merehabilitasi. Apalagi untuk memodernisasi irigasi,kita butuh dana sekitar Rp2 Triliun," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7323 seconds (0.1#10.140)