Hujan Deras Semalaman, 7 Kecamatan di Kabupaten Bandung Direndam Banjir

Sabtu, 21 Maret 2020 - 12:22 WIB
Hujan Deras Semalaman, 7 Kecamatan di Kabupaten Bandung Direndam Banjir
Info grafis peristiwa banjir merendam tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung. Foto/Pusdalops BPBD Jabar
A A A
BANDUNG - Hujan deras yang mengguyur Bandung raya, termasuk Kabupaten Bandung, Jumat (20/3/2020), menyebabkan tujuh kecamatan direndam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat, tujuh kecamatan yang dilanda banjir akibat hujan deras dengan durasi cukup lama dan meluapnya air Sungai Citarum itu antara lain, Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang, Katapang, Soreang, Banjaran, dan Majalaya.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, pada Jumat (20/3) sore, banjir tercatat hanya melanda dua kecamatan, yakni Dayeuhkolot dan Beleendah. Sedangkan pada Sabtu (21/3/2020), banjir meluas hingga melanda tujuh kecamatan.

"Banjir tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota dan Kabupaten Bandung. Akibatnya Sungai Citarum dan anak sungainya meluap," kata Budi.

Kecamatan Baleendah, ujar Budi, merupakan wilayah paling parah dilanda bencana banjir. Tinggi muka air (TMA) banjir di kawasan ini mencapai 320 sentimeter (cm) atau 3,2 meter.

Selain permukiman warga dan fasilitas umum, banjir di beberapa kecamatan juga mengakibatkan akses jalan raya putus karena terendam air sehingga tak dapat dilintas kendaraan baik motor maupun mobil. "BPBD Jabar mencatatan, banjir merendam 9.659 rumah warga, 38 tempat ibadah, dan 26 sekolah," ujar Budi.

Budi menuturkan, jumlah warga terdampak banjir di tujuh kecamatan itu sebanyak 11.944 kepala keluarga (KK) atau 42.352 jiwa terdampak.

"Warga yang rumahnya terendam terpaksa mengungsi ke posko pengungsian. Terdapat 73 KK atau 229 jiwa mengungsi akibat banjir tersebut," tutur Manajer Pusdalops BPBD Jabar.

Saat ini, ungkap Budi, BPBD Jabar dan BPBD Kabupaten Bandug terus memantau tinggi muka air banjir di beberapa titik tersebut.

Selain itu, mengecek beberapa titik lokasi banjir untuk membuka posko siaga, berkoordinasi dengan aparat setempat. Sebab dikhawatirkan hujan deras akan kembali melanda Kota dan Kabupaten Bandung berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5187 seconds (0.1#10.140)