alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Asupan Protein Tinggi Bantu Penyembuhan Pasien COVID-19

Diana Rafikasari
Asupan Protein Tinggi Bantu Penyembuhan Pasien COVID-19
Selain mengoptimalkan imunitas tubuh, protein juga dapat mengganti jaringan-jaringan yang rusak dan menguatkan otot-otot. Foto/Ilustrasi/Healthshots.com

JAKARTA - Asupan protein tinggi dapat membantu proses menyembuhkan pasien terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Asupan protein tinggisebagai penambah stamina sehingga imunitas tubuh meningkat dan pasien bisa kembali pulih.

Dietisien sekaligus Pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi (Persagi), Triyani Kresnawan DCN MKes RD mengatakan, pada dasarnya pasien dalam pengawasan (PDP) -baik yang dirawat di Wisma Atlet maupun rumah sakit- membutuhkan zat gizi cukup. Salah satunya zat gizi makro, yaitu protein.

"Protein untuk pasien-pasien yang terinfeksi memang lebih tinggi daripada kebutuhan orang normal. Karena protein ini salah satunya berguna untuk meningkatkan atau mengoptimalkan imunitas tubuh," jelas Triyani dalam konferensi pers bersama BNPB di Jakarta, Kamis (7/5/2020).



Selain mengoptimalkan imunitas tubuh, Triyani menjelaskan, asupan protein juga dapat mengganti jaringan yang rusak dan menguatkan otot-otot supaya tidak terjadi malnutrisi sehingga untuk PDP dalam perawatan, ada rekomendasi-rekomendasi tertentu terkait zat gizi.

"Jadi bukan hanya protein yang tinggi, lebih tinggi dari orang normal, tapi juga kebutuhan energi karena pasiennya panas kan? 1 derajat di atas 37 derajat celcius, kalau pasien itu panas membutuhkan tambahan energi 13%. Panas itu demam," terang Triyani. (Baca juga; Ruangempati.com, Aplikasi Konsultasi Dampak Psikologis COVID-19)

"Jadi biasanya kita memberikan diet pada pasien-pasien yang dirawat, yaitu energi tinggi dan protein tinggi untuk pasien yang masih sadar penuh. Jadi makan per orang. Kalau pasiennya sudah tidak sadar, sudah kritis, itu beda lagi. Ini yang umumnya masih bisa makan makanan pokok," lanjutnya.

Tidak hanya sebagai lauk-pauk, protein juga bisa dikonsumsi dalam bentuk camilan. Dalam hal ini, Triyani merekomendasikan kacang hijau yang bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan. "Protein nggak hanya untuk lauk, tapi juga untuk snack atau selingan. Seperti kacang hijau, ini sumber protein. Dia sangat tinggi protein dan enak sekali," tandasnya. (Baca juga; Jaga Kesehatan Mental Selama Covid-19 dengan Batasi Informasi)



(wib)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak