alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terindikasi Palsukan Dokumen, Dua Caleg Resmi Dicoret

Asep Supiandi
Terindikasi Palsukan Dokumen, Dua Caleg Resmi Dicoret
Lima komisioner KPU Purwakarta sebelum pelantikan, beberapa waktu lalu. Kelima komisioner ini menunjukkan taji mereka dengan mencoret caleg bermasalah. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi

PURWAKARTA - KPU Kabupaten Purwakarta akhirnya mencoret dua calon anggota legislatif (caleg) dari daftar calon tetap (DCT) Pileg 2019. Pencoretan secara resmi dilakukan melalui rapat pleno KPU, Jalan Flamboyan Purwakarta, Rabu (17/10/2018).

Hasil kajian hukum KPU Purwakarta menyebutkan, kesus dua caleg itu diduga telah memalsukan dokumen persyaratan pencalonan dengan tidak mencantumkan keterangan pernah dipidana.

Komisioner KPU Purwakarta Salman mengatakan, dari aspek pencalonan, yang bersangkutan sebenarnya bisa menjadi caleg, meskipun pernah dipidana. Hanya saja, ketidakjujuran dari yang bersangkutan untuk menyertakan keterangan itu tidak dilakukan.

"Dalam berkas pencalonan tidak ada keterangan pernah dipidana. Begitu pula dalam SKCK dari kepolisian dan pengadilan tidak memberikan keterangan itu," kata Salman kepada SINDOnews.

Dengan demikian, ungkap dia, dua caleg tersebut dinyatakan tak memenuhi syarat (TMS) dan dicoret dari DCT. Untuk selanjutnya, KPU segera mengirimkan surat tentang TMS itu ke sejumlah pihak terkait, misalnya Bawaslu dan partai politik yang bersangkutan.

Sementara itu, untuk satu orang caleg yang mengundurkan diri, terang dia, pihak KPU tidak mencoretnya. Sebab proses pengunduran diri dilakukan setelah penetapan DCT dan tidak ada rekomendasi dari partai politik yang bersangkutan. "Saat pemungutan suara nanti, suara caleg ini akan menjadi suara partai," ungkap dia. (BACA JUGA: Pernah Dipidana, Nasib 2 Caleg DPRD Purwakarta Ditentukan Hari ini)



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif