Cegah Persebaran Corona, Arab Saudi Tutup Masjid untuk Salat Lima Waktu

Rabu, 18 Maret 2020 - 08:53 WIB
Cegah Persebaran Corona, Arab Saudi Tutup Masjid untuk Salat Lima Waktu
Pejalan kaki melintasi baleho berisi perintah kebersihan pribadi di Riyadh, Arab Saudi. Foto/REUTERS/Ahmed Yosri
A A A
RIYADH - Kerajaan Arab Saudi mengumumkan, untuk sementara menutup masjid-masjid serta tak lagi menerima jamaah salat lima waktu dan salat Jumat. Kebijakan ini diambil untuk membantu membatasi persebaran virus Corona atau COVID-19.

“Para jamaah masih boleh salat di dua masjid suci di Mekah dan Medinah," ungkap laporan kantor berita SPA, mengutip keputusan dari Dewan Ulama Senior, badan agama tertinggi di Arab Saudi.

Masjid-masjid akan menutup pintu sementara, tapi terus menyerukan bacaan azan yang memerintahkan warga salat di rumah masing-masing. (Baca juga; Arab Saudi Tangguhkan Pelaksanaan Umrah )

Menteri Urusan Islam Abdulatif al-Sheikh menjelaskan, fasilitas untuk memandikan jenazah di masjid akan tetap buka tapi akses akan dibatasi pada beberapa orang saja. "Salat jenazah hanya akan diizinkan di pemakaman, bukan di masjid," kata Abdulatif.

Arab Saudi melaporkan 38 kasus infeksi baru, sehingga total 171 dan belum ada laporan korban tewas. Saudi telah emngambil berbagai langkah drastis untuk memerangi persebaran virus corona. (Baca juga; Pulang dari Iran, Warga Arab Saudi Positif Corona )

Termasuk menghentikan sementara ibadah Umrah, menghentikan semua penerbangan internasional, dan menutup skeolah serta sebagian besar perkumpulan publik. (Baca juga; Cegah Penyebaran Corona, Seluruh Sekolah dan Universitas di Arab Saudi Ditutup )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7395 seconds (0.1#10.140)