Amazon Komitmen Kembangkan Kualitas SDM Mahasiswa Bandung

Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:12 WIB
Amazon Komitmen Kembangkan Kualitas SDM Mahasiswa Bandung
Regional Head for Education APAC Public Sector Amazon Web Services Vincent Quah pada acara ITB Cloud Computing Boot Camp Powered by AWS Educate di Aula Timur ITB, Kota Bandung, Rabu (17/10/2018). Foto/ SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Amazon Web Services (AWS) Educate mendukung pengembangan sumber daya manusia mahasiswa di Bandung, Jawa Barat. Amazon terus berkomitmen melakukan pengembangan cloud computing seiring potensi market yang terus tumbuh.

Regional Head for Education APAC Public Sector Amazon Web Services Vincent Quah mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu generasi muda Indonesia, terutama mengembangkan pengetahuan dan kompetensi cloud computing (komputasi awan) melalui program Global AWS Educate.

"Harapan kami mereka siap untuk memenuhi tuntutan industri yang meningkat di bidang keahlian komputasi awan ini. Apalagi tenaga kerja di bidang komputasi awan yang siap di masa depan adalah salah satu pilar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara," jelas Vincent dalam acara ITB Cloud Computing Boot Camp Powered by AWS Educate di Aula Timur ITB, Kota Bandung, Rabu (17/10/2018).

Menurut dia, acara tersebut baru pertama kali digelar di Amazon. Lembaga pendidikan, kata dia, tempat yang paling bagus untuk pengembangan pendidikan IT. Banyak SDM bagus yang dihasilkan lembaga pendidikan termasuk ITB, kampus yang sudah banyak melakukan riset, entrepreneur, dan lainnya.

"Kenapa Indonesia, karena memang populasi di Indonesia sangat besar, banyak kepulauan. Sementara kalau bicara potensi market, saya kira pertumbuhan bisnis (cloud computing) ini sangat besar. Ini menunjukkan market ini sangat besar. Di Indonesia sudah banyak pengguna cloud computing. Banyak platform yang telah menggunakan teknologi ini," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Mikroelektronika ITB Trio Adiono mengatakan, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang komputasi awan telah meningkat. "Para pelaku usaha dengan berbagai skala bisnis di Indonesia semakin banyak menggunakan komputasi awan.

Menurut dia, dukungan AWS dalam menyediakan keahlian dan konten untuk cloud-skilling akan membantu ITB menciptakan dan memelihara bakat global bidang komputasi awan. Banyak teknologi yang bisa dipelajari, terutama teknologi yang sedang berkembang seperti kecerdasan buatan (AI), mesin pembelajar (ML), dan Internet-of-Things (loT).

"Kami juga kembangkan e-learning. Dengan kerja sama dengan Amazon, harapan materi e-learning bisa diakses lebih luas. Apalagi ITB banyak produk IT yang harapannya bisa memanfaatkan platform Amazon," beber dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7872 seconds (0.1#10.140)