Luncurkan Mobil Warung Pajak, Bupati Aa Umbara Targetkan PAD Rp614 Miliar Tercapai

Selasa, 17 Maret 2020 - 17:09 WIB
Luncurkan Mobil Warung Pajak, Bupati Aa Umbara Targetkan PAD Rp614 Miliar Tercapai
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melaunching Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I dari BPKD, KBB, yang dapat melayani berbagai pembayaran pajak. Foto-Foto/Dok.Humas KBB
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) meluncurkan inovasi baru dalam pola pembayaran pajak yang lebih cepat, mudah, tepat, dan dekat kepada masyarakat dan para wajib pajak.

Pelayanan menggunakan mobil ini memungkinkan petugas pajak proaktif jemput bola ke seluruh wilayah di KBB sehingga ditargetkan semua wajib pajak bisa terlayani maksimal.

Fasilitas Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) KBB ini melayani berbagai pembayaran pajak. Seperti Pajak Penerangan Jalan, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Parkir, Pajak Hiburan, Pajak Air Tanah, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, dan Pajak Reklame.

Semua transaksi pajak bisa dibayar di mobil layanan ini, hanya untuk pajak yang di atas Rp5 juta dibayar dengan cara transfer.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, esensi dasar dari inovasi layanan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Luasnya wilayah KBB yang terdiri dari 16 kecamatan dan 165 desa, maka perlu kerja ekstra khususnya dalam menjalankan program pelayanan publik termasuk menarik pajak.

"Ini sebuah inovasi sesuai dengan jargon 'KBB Lumpaaat', semoga dengan proaktif dan jemput bola maka target PAD tahun ini sebesar Rp614 miliar dapat tercapai," kata Umbara saat peluncuran Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I BPKD, KBB di Kecamatan Parongpong, Selasa (17/3/2020).

Luncurkan Mobil Warung Pajak, Bupati Aa Umbara Targetkan PAD Rp614 Miliar Tercapai


Menurut Bupati, inovasi ini semakin menambah berbagai program inovatif yang telah digulirkan pemerintahannya yang memiliki visi Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius (AKUR).

Sebelumnya juga sudah diluncurkan program Sistem Pelayanan Antar Langsung (Silayung) yang digulirkan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Melalui program itu, ujar Umbara, warga tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil untuk mendapatkan KTP elektronik karena akan diantarkan oleh petugas ke rumah masing-masing.

Umbara mengemukakan, fasilitas Mobil Layanan Warung Pajak Daerah ini juga diharapkan bisa merangsang masyarakat taat membayar pajak. Sebab pembayarannya sudah dimudahkan secara online, bahkan didatangi langsung ke wilayah mereka.

Makanya mobil ini dipastikan akan mobil berkeliling ke setiap kecamatan. Sehingga akan terus terpantau setiap bulannya perusahaan atau wajib pajak yang membayar kewajiban mereka.

"Kalau pola ini efektif, ke depan bukan tidak mungkin mobil layanannya akan ditambah. Karena target kita kan jelas, penambahan PAD. Jadi target tercapai, masyarakat puas, pelayanan juga bisa ditingkatkan lagi," ujar dia.

Wajib pajak yang juga pengelola rumah makan di kawasan Parongpong, KBB, Iwan mengaku, adanya layanan Mobil Warung Pajak Daerah membuatnya mudah dalam membayar pajak.

Pasalnya jika biasanya dia harus bayar ke kantor Pemda di Ngamprah, tapi dengan adanya jemput bola, maka dirinya tidak perlu repot jauh-jauh untuk bayar pajak. Semoga saja fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak lainnya, agar pembangunan di KBB bisa lebih maju lagi.

"Ini saya baru kali ini bayar pajak dan dilayani langsung oleh bupati. Inovasi yang baik, semoga target pajak di KBB bisa tercapai, dan wajib pajak juga bisa tepat waktu dalam membayarnya," kata pria yang membayar pajak rumah makan senilai Rp129 juta ini.

Kabupaten Bandung Barat
* Pusat Pemerintahan: Ngamprah
* Bupati: Aa Umbara Sutisna
* Wakil Bupati: Hengki Kurniawan
* Kecamatan: 16
* Desa: 165
* Penduduk: 1,7 jiwa
* Luas Wilayah: 1.305,77 Km2
* Potensi Pajak: Pajak Penerangan Jalan; Pajak Hotel; Pajak Restoran; Pajak Parkir; Pajak Hiburan; Pajak Air Tanah; Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan; Pajak Reklame; PBB; dan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).
Inovasi : Fasilitas Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

Luncurkan Mobil Warung Pajak, Bupati Aa Umbara Targetkan PAD Rp614 Miliar Tercapai
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.3716 seconds (0.1#10.140)